Intip Persiapan GTRA Summit 2022 di Wakatobi, Kabarnya Presiden Jokowi Ikut Hadir

  • Bagikan
Rapat persiapan GTRA Summit 2022 yang dipimpin Gubernur Sultra, Ali Mazi. (Foto: Dok. DisKominfo Sultra)

SULTRAKINI.COM: Acara Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 dijadwalkan akan dihadiri Presiden RI, Jokowi Dodo. Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara menjadi tuan rumah perhelatan besar ini.

Dilansir dari laman Pemprov Sultra, GTRA Summit 2022 merupakan pertemuan lembaga negara dan kementerian terkait, pemerintah daerah, asosiasi, civil social organization, serta organisasi lainnya yang tergabung dalam gugus tugas tersebut.

loker wartawan sultrakini

GTRA Summit yang dijadwalkan pada 8-10 Juni mendatang ini, bakal didatangi Presiden Joko Widodo serta di dampingi Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil selaku penyelenggara di tingkat pemerintah pusat, Menteri Bidang Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Selanjutnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sitti Nurbaya Bakar, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan Menteri Pariwisata dan Ekraf Sandiaga Uno.

Kegiatan juga akan diisi dengan pameran produk UMKM unggulan Provinsi Sultra.

GTRA tahun ini adalah yang pertama, sehingga diharapkan menciptakan keselarasan pelaksanaan teknis antara tata ruang dengan penataan aset, meliputi kawasan hutan, izin, dan atau batas tanah. Termasuk penataan akses khusus masyarakat hukum adat, masyarakat lokal, hingga masyarakat tradisional di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Untuk Itulah, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengajak jajarannya bisa memanfaatkan agenda tersebut sebagai peluang untuk semakin menyakinkan stakeholders, bahwa Wakatobi layak menjadi destinasi wisata alternatif selain Pulau Bali.

Baca:   Presiden Jokowi: Jaga Pertumbuhan Positif Pariwisata Bali

“Kita harus benar-benar memanfaatkan peluang ini,” kata Ali Mazi dalam keterangan tertulisnya, dilansir Senin (30 Mei 2022).

Sebelum agenda inti GTRA Summit, juga digelar rangkaian acara terkait reforma agraria yang dikemas dengan nama Road to Wakatobi.

Untuk diketahui, persiapan GTRA Summit telah dirapatkan Pemerintah Provinsi Sultra bersama jajarannya di Rujab Gubernur, Kota Kendari.

Rapat turut membahas rangkaian GTRA Summit lainnya, seperti pemberian bantuan, penyerahan sertifikat tanah, dan peresmian pelabuhan feri. (C)

Laporan: Sitti Apriyani
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan