Jalan Lingkar Puma Siap Dibangun pada 2024

  • Bagikan
Salah satu jalan raya di Puma yang telh rusak berat. FOTO: IST

SULTRAKINI.COM: Pemerintah Kota Baubau mengalokasikan dana pembangunan Jalan Lingkar Pulau Makassar (Puma) yang telah masuk dalam agenda Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) tahun 2024. Proyek ambisius ini akan dimulai dengan pembangunan awal sepanjang 400 meter menggunakan konstruksi rabat beton bertulang, dengan anggaran yang diperkirakan mencapai Rp 361 juta.

Kepala Dinas Perkim Kota Baubau, Dra Hj Amalia Abibu, M.Si, pada Minggu (3/3/2024), mengungkapkan bahwa pembangunan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah kota dalam mempercepat penyelesaian infrastruktur kritikal sesuai dengan prioritas pembangunan daerah.

“Kami akan mengupayakan sumber dana dari berbagai kanal, termasuk APBD Kota, Provinsi Sulawesi Tenggara, hingga dukungan pusat, agar proyek ini dapat terealisasi dengan efektif,” tutur Amalia.

Sejalan dengan hal tersebut, Sekretaris Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Baubau, Sabaruddin, menambahkan bahwa pemilihan jalan lingkar Pulau Makassar sebagai prioritas tidak terlepas dari kondisi geografis dan kebutuhan mobilitas yang mendesak.

“Kami akan memprioritaskan ruas jalan yang kondisinya paling kritis, mengingat tantangan geografis dan aksesibilitas di Pulau Makassar,” ucap Sabaruddin.

Selain itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Nurfatmah Ardiyanti, ST, MT, menegaskan kesiapan timnya untuk memulai perbaikan.

“Berdasarkan data kondisi jalan saat ini, kami siap untuk memulai pekerjaan perbaikan agar dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelas Nurfatmah.

Laporan: Frirac

  • Bagikan