Jangan Usik Panggung Kemenangan KSK-GTS

  • Bagikan
Sigit Tosepu (foto:ist)

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe telah menemukan babak akhir. Pasangan Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara (KSK-GTS) berhasil keluar sebagai pemenang.

Kemenangan duo Matahari Partai Amanat Nasional (PAN) tak hanya sekadar menang. Tetapi menang banyak. Betapa tidak, hasil rekapitulasi KPUD Konawe menunjukan persentase kemenangannya mencapai 48,32 persen. Jumlah yang terpaut cukup jauh jika dibandingkan dengan ketiga pasang kandidat lawan, yakni Muliati Saiman dan Mansur; H. Litanto dan Hj. Murni Tombili; serta H. Irawan Laliasa dan Adi Jaya Putra.

Sayangnya kemenangan mutlak yang diraih pasangan KSK-GTS itu sedikit terusik. Dua rivalnya mencoba melakukan gugatan. Gugatan yang dilakukan pun bukan mengarah ke masalah krusial terhadap Pilkada. Akan tetapi, gugatan itu dilayangkan kepada penyelenggara Pilkada, yakni KPUD Konawe.

Ceritanya, perkara di internal KPUD Konawe dinilai telah menghasilkan produk yang cacat secara hukum, termasuk Pilkada Konawe. Padahal, jika mau dikaji, masalah yang dihembuskan itu adalah masalah lama yang pangkal penyelesaiannya telah selesai di internal KPU sendiri.

Awalnya, gugatan pertama sempat dilakukan Pasangan H. Irawan Laliasa dan Adi Jaya Putra ke Bawaslu. Namun dimentahkan, karena dianggap masalah yang telah basi.

Pasangan lainnya, H. Litanto dan Hj. Murni Tombili juga melakukan gugatan dengan materi yang sama. Tak tanggung-tanggung, gugatannya dilakukan langsung di Mahkama Konstitusi (MK). Jika tak ada aral, sidangnya bakal digelar, Jumat (27/72018).

Baca:   Moralitas Aparat Penegak Hukum dan Masa Depan Penegak Hukum di Indonesia

Adanya gugatan inilah yang dinilai bakal menghambat proses pelantikan KSK-GTS menjadi Bupati dan Wakil Bupati Konawe yang defenitif. Tentu saja ini sangat disayangkan.

Masyarakat yang telah memilih pemimpinnya, berharap agar KSK-GTS segera dilantik. Sehingga bisa sesegera mungkin menjalankan programnya sesuai visi dan misi yang telah dirancang.

Lalu, kepada penggugat diharapkan untuk legowo. Menerima kemenangan KSK-GTS dengan berbesar hati. Sebagaimana sumpah yang telah diikrarkan bersama, yakni siap menang, siap kalah dalam Pilkada Konawe.

Sekali lagi, masyarakat butuh pemimpin mereka segera dilantik.

Oleh: Sigit Tosepu (Ketua Ketua Generasi Muda Cinta Konawe)

  • Bagikan