Jarang diketahui, Ternyata Flek Hitam dan Freckles Berbeda

  • Bagikan
Ilustrasi 

SULTRAKINI.COM: Memiliki wajah yang bersih merupakan keinginan setiap orang baik itu wanita maupun pria. Namun, hal tersebut tidak mudah diwujudkan jika tidak merawatnya dengan baik. Banyak masalah kulit yang sulit dituntaskan karena beberapa faktor.

Masalah kulit wajah sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh faktor iklim dan cuaca, tetapi juga stres, makanan yang dikonsumsi serta pola istirahat yang dilakukan. Masalah kulit wajah yang lebih rentan di Indonesia yaitu kulit kering, flek hitam pada wajah, jerawat, kulit berminyak, kulit wajah yang kusam, serta warna kulit yang tidak merata.

Dari sudut pandang medis, freckles dan flek hitam adalah dua hal yang berbeda.

Melansir Femaledaily, inilah perbedaan flek hitam dan freckles yang perlu kamu ketahui.

1. Flek hitam

Flek hitam adalah bintik hitam datar pada kulit wajah, yang terjadi akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Masalah kulit satu ini sering kali dijumpai pada orang yang tinggal di iklim tropis, seperti Indonesia. 

Flek hitam ini merupakan hiperpigmentasi, yang penyebabnya bisa dari bekas jerawat, polusi, paparan sinar matahari dan radikal bebas dalam waktu yang panjang. Kondisi ini juga dapat muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, dan leher. Flek hitam ini umumnya memiliki ukuran yang lebih beragam dari freckles, dan tidak bergerombol seperti freckles.

Baca:   Pola Tidur Si Kecil Tidak Teratur? Ini Jadwal Tidur 2 3 4 yang Mom Perlu Ketahui

Inilah mengapa penting untuk rutin merawat kulit wajah. Rajin menggunakan sunscreen, bisa mencegah dan meminimalisir tampilan flek hitam pada wajah. Jika kita jarang melindungi kulit dari sinar matahari, maka flek hitam dari peradangan kulit bisa muncul. Semakin malas pakai sunscreen, flek hitam ini jumlahnya bisa makin banyak, ukurannya bisa makin besar, dan juga makin gelap. 

Sebagai tindakan penyelamatan, kamu bisa menerapkan penggunaan serum yang mengandung vitamin C atau Niacinamide dalam skincare routine kamu. Jangan lupa juga untuk terus menggunakan sunscreen, meskipun di dalam rumah. 

2. Freckles

Freckles adalah bintik kecokelatan berbentuk datar yang muncul pada kulit. Kondisi ini dapat terbentuk dalam warna yang bervariasi, mulai dari kemerahan, kuning, cokelat, cokelat muda hingga hitam. Freckles paling sering muncul pada area wajah, yaitu pipi, hidung, dada dan lengan.

Jika kamu memerhatikan orang eropa tanpa riasan, mereka kerap memiliki banyak freckles di wajahnya. Berbeda dengan flek hitam yang timbul karena faktor eksternal, freckles timbul karena faktor genetik. Hal ini juga tidak hanya berlaku untuk wajah, tapi juga bagian tubuh lainnya seperti dada, punggung tangan, dan sebagainya, tergantung faktor genetik. 

Jika kamu punya freckles, ayah atau ibu bahkan nenek kamu pasti juga punya. Orang yang punya kulit lebih terang, cenderung berisiko punya freckles dibandingkan orang dengan kulit gelap. Berbeda dengan flek hitam yang lebih gelap, freckles berwarna kecokelatan dan biasanya berkelompok, bukan cuma 1 atau 2 saja.

Baca:   Puluhan Pegawai KPK Tak Lulus Tes Wawasan Kebangsaan?

Lagi-lagi, untuk mengakalinya bisa dengan mengandalkan sunscreen. Jika tinggal di Indonesia, sebaiknya pilih sunscreen dengan SPF minimal 30, dan PA+++. Dianjurkan untuk re-apply sunscreen tiap 3 jam ketika berada di luar ruangan. Karena freckles ini bawaan lahir dan bukan dari eksternal, maka kamu tidak bisa menghilangkannya secara total. Sunscreen tidak akan membantu melenyapkan freckles yang sudah muncul, tapi setidaknya bisa mencegah jumlah freckles yang akan muncul.

Tidak hanya sunscreen yang dibutuhkan, pemilik freckles ini juga wajib memiliki serangkaian skincare yang memiliki kandungan antioksidan.

Selengkapnya di sini

Laporan: Nur Fadhilah
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan