Jelang HUT RI Ke-76, Pemprov Sultra Mulai Persiapkan Upacara Peringatan

  • Bagikan
Logo dan tema HUT ke-76 RI yang diunggah situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (17/6/2021).
Logo dan tema HUT ke-76 RI yang diunggah situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (17/6/2021).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyiapkan acara upacara sejak dini tengah situasi pamdemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir.

“Semua itu kami sudah persiapkan (HUT kemerdekaan) sekarang,” ucap Sekda Sultra, Nur Endang Abbas saat ditemui di Kantor Gubernur, Senin (26/7/2021),  kemarin.

Ia juga menyebut, sampai saat ini tata cara pelaksanaan upacara belum ada atau belum terbit dari pemerintah pusat namun Pemrov sendiri telah mempersiapkannya.

Menurutnya, jika hal tersebut nantinya ditiadakan, ataupun tata cara pelaksanaannya disederhanakan maka Pemrov Sultra akan menyesuaikan. Serta masih saat ini pihaknya juga masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaan dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

“Tentunya saat ini masih pandemi sehingga tata cara pelaksanaannya pasti akan berbeda, dan kami masih menunggu dari Sekretariat Negara” jelas Endang.

Lanjutnya, terkait dengan upacara pada saat mengenang detik-detik proklamasi akan dibunyikan sirine dan bertujuan untuk mengingatkan masyarakat serta jajaran pemerintahan.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Diketahui, tema utama untuk Kemerdekaan HUT ke-76 RI kali ini yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Baca:   Berkah Ramadan, Pegawai BNNP Sultra Bagi-bagi Takjil Diselingi Kampanye Bahaya Narkoba

Pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke- 75 tahun 2020, Pemerintah Provinsi Sultra menggelar upacara secara sederhana sesuai protokol kesehatan di rumah jabatan (Rujab) Gubernur Sulawesi Tenggara.

Gubernur Sultra, Ali Mazi bertindak sebagai inspektur upacara pada seremoni peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

Adapun para pejabat upacara kala itu yakni, Mayor Cpm Erik A Sinaga Dandenpom XIV/3 Kendari selaku Komandan Upacara, Mayor Inf Henrik sebagai Perwira Upacara dan yang bertugas sebagai pengibar bendera yaitu Aditya Tirta, Tasya Sundari, serta Muh. Ikhsan Farid Nurdin.

Lebih lanjut, seusai pelaksanaan kegiatan upacara dilanjutkan kegiatan penyerahan 500 paket sembako dan masker dari Gubernur Sultra kepada Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, S.E., M.B.A. Lalu, bagaimana dengan HUT RI Ke- 76 tahun 2021 ini, patut dinantikan?

Selain itu, pada HUT RI Ke – 75 Pemprov juga mengikuti upacara HUT RI nasional yang dilakukan secara virtual, dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan