Jelang Peparnas Papua 2021, Atlet NPC Sultra Mulai Jalani Pemusatan Latihan

  • Bagikan
Atlet NPC Sultra bersama official (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM) 
Atlet NPC Sultra bersama official (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM) 

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak 27 atlet Nasional Paralympic Committee (NPC) Sulawesi Tenggara (Sultra) tiba di Kendari, Rabu (15/9/2021), untuk menjalani pemusatan latihan atau training center (TC).

Progam TC ini bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan para atlet yang akan berlaga di event nasional yakni Pekan Olahraga Paralimpik Nasional (Peparnas) di Papua pada November 2021 mendatang.

Ketua NPC Sultra, Kafarudin Bihu menuturkan, TC ini juga selaku seleksi akhir bagi para peserta, karena dari ke 27 peserta tersebut hanya 20 orang yang akan diberangkatkan. 

“Saya pengennya semua peserta itu diberangkatkan, namun dana kita terbatas. Sehingga 20 orang saja yang bisa diberangkatkan,” ungkapnya, Rabu (15/9/2021).

Tahapan seleksi kata dia, akan dimulai setelah 15 hari pemusatan latihan yang terhitung mulai hari ini. Meski diakuinya, proses TC ini telah tertinggal dengan daerah lain yang persiapannya lebih matang.

“Daerah lain TC-nya delapan bulan, kita ini hanya 45 hari,” paparnya.

Besar keinginan NPC Sultra memberangkatkan banyak atlet mewakili Sultra di Peparnas mengingat potensi dan antusias sangat besar dari para atlet penyandang disabilitas ingin mengikuti kejuaraan itu.

Namun Kafarudin mengungkapkan, keterbatasan anggaran yang diberikan dari Pemprov Sultra yang sebelumnya diajukan oleh NPC Sultra Rp4, 5 miliar hanya disetujui untuk dicairkan sebesar Rp2 miliar Untuk hal tersebut ia juga berterima kasih pada Pemprov Sultra yang sudah memperhatikan atlet disabilitas.

Baca:   DSSP Power Kendari Bangkitkan Semangat Sepak Bola Masyarakat Pesisir

“Terus terang uangnya (dana) belum ada ini, hanya baru komitmen dari Pemprov Sultra,” ujarnya.

Target perolehan medali, pihaknya optimistis dapat meraih setidaknya tiga medali emas untuk Sultra.

“Melihat dari potensi dan kemampuan atlet yang ada, InsyaAllah tiga emas itu ada,” bebernya.

Secara terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra, Basiran mengungkapkan saat ini dana untuk atlet NPC Sultra sebesar Rp2 miliar sementara diproses.

“Saat ini dalam proses penerbitan SP2D. Kalau sudah terbit hari ini, tinggal Bank Sultra cairkan,” ucapnya, Rabu (15/9/2021).

Untuk diketahui, ke 27 atlet itu berasal dari enam wilayah di Sultra yakni NPC Kota Baubau, NPC Buton Selatan (Busel), NPC Muna, NPC Konawe Utara (Konut), NPC Kolaka Timur (Koltim), dan NPC Kota Kendari. Kemudian, 20 atlet yang lulus seleksi akan mengikuti cabang olahraga (Cabor) atletik 13 orang, renang 2 orang, bulutangkis 3 orang, tenis meja 3 orang, dan catur 2 orang. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan