Jemaah Haji Indonesia 2022 Menuju Tanah Air, Ini Kloter Perdana yang Pulang

  • Bagikan
Wamenag, Zainut Tauhid Sa'adi melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji menuju ke tanah air. (Foto: Kemenag)

SULTRAKINI.COM: Memasuki fase pemulangan, jemaah haji Indonesia 2022 mulai bertolak menuju tanah air melalui Bandara King Abdulaziz, Jedah, Arab Saudi pada 15 dan 16 Juli 2022.

Dilansir dari laman Kemenag, Wakil Menteri Agama sekaligus Naib Amirul Hajj, Zainut Tauhid Sa’adi melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji yang akan pulang ke tanah air di salah satu hotel di hotel di Mekah, Kamis (14 Juli 2022) malam Waktu Arab Saudi.

Dijadwalkan kloter pertama berjumlah 390 orang tergabung dalam 1 Emberkasi Solo (SOC) akan diterbangkan menuju tanah air pada 15 Juli 2022 pukul 05.10 WS.

“Alhamdulillah malam ini kami melepas jemaah haji dari SOC Solo. Pesan Pak Menteri, kami dari Kemenag meminta maaf jika selama di tanah suci mungkin kurang maksimal,” ujarnya, Jumat (15 Juli 2022).

Setelah jemaah asal Solo, selanjutnya jemaah asal Padang (PDG) kloter 1 berjumlah 393 orang menuju tanah air pada 15 Juli 2022 pukul 07.10 WS.

Kemberangkatan kedua kloter menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan penerbangan menempuh waktu sekitar 9 jam.

Untuk diketahui, selain SOC 1 dan PDG 1 yang akan dipulangkan ke tanah air, di hari yang sama dipulangkan jemaah SOC 2, kloter 1 dan 2 Emberkasi Jakarta-Bekasi (JKS), serta Kloter 1 Jakarta-Pondokgede (JKG).

Baca:   Rita Irawati Priatna: Enterpreneur yang Sadar Perlunya Kemandirian Perfilman Indonesia

Selain itu, pelepasan jemaah haji SOC ditandani dengan bendera merah putih dari Wamenang ke Ketua Kloter dengan lantunan salwat ketika memasuki bus menuju jeddah. (C)

Laporan: Wa Ode Rezki Nurdianti
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan