Jenis Makanan dan Minuman Ini bisa Memicu Bau Badan

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto: Deherba.com
Ilustrasi (Foto: Deherba.com

SULTRAKINI.COM: Bau badan tidak jarang menjadi masalah serius bagi sejumlah orang. Selain membuat orang yang berada di sekitar kurang nyaman, juga mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Bau badan sebenarnya tak meluluh dihasilkan karena banyaknya aktivitas yang memicu keringat dan tak melulu disebabkan karena kelenjar keringat bermasalah. Melainkan bau badan bisa bersumber dari sejumlah jenis makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini makanan dan minuman pemicu bau badan jika dikomsumsi.

1. Daging merah
Berbagi macam daging merah seperti daging sapi, domba, kambing, dan kuda. Meskipun enak dan lezat, ternyata terlalu banyak makan daging merah bisa bikin badan Anda punya bau badan kurang sedap. Hal ini disebabkan makanan ini membutuhkan waktu lama untuk melakukan proses pencernaan.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Chemical Sense, menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi banyak daging merah secara terus-terusan dalam waktu dua minggu, memiliki bau badan yang tak sedap. Hal ini disebabkan makanan ini membutuhkan waktu lama untuk melakukan proses pencernaan. Ketika proses pencernaan tidak berjalan sempurna, timbullah racun disertai gas beraroma busuk. Dari gas tersebut timbullah bau keringat yang kemudian menjulur ke badanmu. Bau keringat tidak hanya di sekitar badan saja, tetapi yang paling menyengat tentunya bau ketiak.

Menghilangkan bau setelah makan daging bisa dilakukan dengan minum banyak air, makan buah, minum teh tawar, dan mengunyah permen mint.

Baca:   Siap-siap Wartawan Divaksin Covid-19, Jokowi Sediakan Ribuan Dosis

2. Gorengan
Makanan ini biasanya sebagai pelengkap dalam kegiatan apapun dan waktu santai kita. Namun, terlalu sering makan gorengan tidak baik juga untuk kesehatan. Tidak hanya menyebabkan batuk, kolestrol tinggi, dan darah tinggi saja, tetapi juga dapat menimbulkan bau badan.

Gorengan mengandung lemak dan minyak berkadar tinggi. Makanan yang digoreng mengandung lemak akan menjadi tengik seiring berjalannya waktu sehingga proses pencernaan bisa terganggu yang akhirnya dapat menimbulkan bau badan.

Sebaiknya Jangan terlalu sering mengkomsumsi gorengan agar terhindar dari bau badan.

3. Bawang-bawangan
Bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang bombay, dan bawang putih biasanya digunakan sebagai rempah dapur untuk menambahkan rasa dan sedap pada masakan. Makanan yang dilengkapi dengan bawang-bawang akan memiliki bau yang lebih wangi.

Bawang bombay dan bawang merah memiliki melekul yang berhubungan dengan rasa dan aroma yang masuk ke dalam aliran darah, menuju paru-paru dan keluar melalui napas sehingga menimbulkan bau mulut. Sedangkan bawang putih memiliki zat allicin, yang mempunyai manfaat bagi kesehatan tetapi zat ini mempengaruhi bau keringat Anda.

Cara mengatasinya kita perlu menyikat gigi sampai bersih untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dalam mulut. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang beraroma menyegarkan seperti apel, teh hijau, air putih dan permen karet tanpa gula.

Baca:   Kelompok Cipayung Desak Presiden Joko Widodo Keluarkan Perpu KPK RI

4. Junk food
Junk food jenis makanan yang tinggi kandungan gula, lemak, garam, dan minyak. Makanan ini sering kita jumpai di berbagai tempat dan menemani waktu santai kita. Junk food adalah makanan yang kandungan gizinya rendah, tetapi kaya dengan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.
Ternyata junk food dapat menimbulkan bau badan karena junk food penuh gula, garam dan minyak terhidrogenasi yang mengandung lemak jenuh yang tak sehat dan berkolestrol tinggi.

Saat makanan junk food yang sudah dikonsumsi, akan membusuk dalam perut yang akan menimbulkan bau mulut dan bau badan.

Sebagai solusi untuk mengurangi bau mulut perbanyaklah konsumsi buah. Memakan apel bisa membuat mulut menjadi segar karena apel mengandung senyawa yang menghambat aktivitas bakteri dalam mulut.
Selain itu, kita juga bisa memakan buah jeruk dan stroberi yang memiliki kandungan vitamin C karena buah ini membuat mulut menjadi asam sehingga bakteri sulit berkembang.

5. Kafein
Kopi merupakan salah satu minuman yang populer di seluruh dunia. Tak hanya nikmat, manfaatnya yang mampu membuat orang tetap terjaga. Kopi hampir selalu dijadikan sebagai solusi bagi mereka yang ingin bekerja hingga larut malam.

Kalau kamu tidak menginginkan datangnya bau tak sedap dari badanmu, cobalah mengurangi konsumsin minum kopi. Hal ini disebabkan kafein akan menstimulasi sistem saraf pusatmu yang membuat kelenjar keringat menjadi aktif yang akhirnya memicu bau badan. Apalagi saat kekurangan air liur, bakteri di dalam mulut akan tumbuh dan menghasilkan sulfur yang dapat membuat bau badan makin tak sedap. Jadi, perlu untuk mengontrol konsumsi minum kopi dan minuman apapun yang mengandung kafein.

Baca:   Bangkai Paus Biru Sepanjang 18,5 Meter Ditemukan di Maluku

Cara menghilangkan bau mulut akibat Kafein yaitu menyikat gigi adalah cara tercepat untuk menghilangkan bau mulut. Selain itu yang cepat dan mudah membuat mulut memproduksi lebih banyak air liu adalah dengan makan apel, yang mengandung enzim penghasil air liur atau melawan bakteri penyebab bau dan minum teh jahe yang mengandung sifat anti bakteri.

6. Susu
Susu memang menyehatkan, namun konsumsi susu secara berlebihan ternyata kurang baik bagi aroma mulut dan tubuh. Hal ini dikarenakan susu mengandung kadar protein yang tinggi yang bisa terjadi pemecahan dalam tubuh sehingga menimbulkan produksi hidrogen sulfida dan metil perkaptan.
Proses produksi tersebut, akhirnya timbul aroma tak sedap dari badan.
Untuk mengurangi bau akibat mengkonsumsi susu, sebaiknya munimlah air putih untuk memperlambat proses metabolisme protein susu itu sendiri.

Dari berbagai sumber
Laporan: Ilam Sari

  • Bagikan