Jumlah Penerima BLT DD Menurun Drastis di Mubar

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Ido_skkini)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Jumlah penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dianggarkan dari dana desa menurun drastis di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara.

Tercatat jumlah penerima di tahun sebelumnya sebanyak 8.829 orang, namun sekarang tinggal 3.766 orang yang ditetapkan masing-masing pemerintah desa melalui perkades.

Penyalurannya pun berdasarkan PMK Nomor 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa. Pencairannya dilakukan hanya satu bulan sekali.

“Pencairan BLT Dana Desa dibayarkan satu bulan sekali, setelah selesai laporannya baru dicairkan lagi bulan berikutnya,” jelas Kadis PMD Mubar, La Ode Tibolo, Rabu, (30/6/2021).

Pencairan tahap I, lanjutnya, porsi BLT selama lima bulan, yakni Januari-Mei 2021. Namun dikarenakan regulasi itu, pencairannya akan setiap bulan. Hal ini juga menjadi pembeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sementara penyerapan anggaran dana desa di Kabupaten Mubar pada tahap 1 baru mencapai 35 persen dari 40 persen yang harus diserap pada tahap ini dengan jumlah pagu anggaran DD untuk 81 desa senilai Rp 79 miliar.

“Tahap I baru kisaran 35 persen dengan pencairan kurang lebih 28 miliar” terangnya.

Dinas PMD Mubar berharap semua pemerintah desa wilayah setempat untuk mempercepat penyelesaian pembagian BLT dan pelaporannya agar pencairan tahap berikutnya dapat berjalan normal. (B)

Baca:   Bupati Butur Resmikan Pelepasan Pendistribusian Ribuan Paket Sembako

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan