K3 adalah Hak Dasar dalam Bekerja di Antam UPBN Konawe Utara

  • Bagikan

SULTRAKINI.COM: Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan aspek penting dan menjadi hak dasar dalam menjalankan pekerjaan dengan melakukan upaya pengendalian seluruh potensi bahaya sampai level yang dapat dikendalikan.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Operasi dan Produksi PT Antam Tbk, I Made Wirantaya yang dibacakan oleh Business Support Senior Manager Antam UBPN Konawe Utara, Muhammad Rusdan, pada upacara peringatan bulan K3 Nasional 2023 di Tapunopaka, Kabupaten Konawe Utara, Kamis (12 Januari 2023).

loker wartawan sultrakini

Pada peringatan bulan K3 Nasional tahun 2023, Kementeria Ketenagakerjaan  (Kemenaker RI) mengangkat tema “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja”.

Menurut Wirantaya, pengendalian risiko tersebut  untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, sehat dan produktif dan merupakan upaya perbaikan yang berkelanjutan.

Lebih lanjut dikatakan, Bulan K3 Nasional ini adalah momen penting Antam melibatkan seluruh stakeholder untuk melaksanakan improvement atas pembelajaran kecelakaan tambang dari perusahaan lain maupun dari internal Antam sendiri.

I Made Wirantaya juga menyampaikan apresiasi kepada semua insan Antam, atas torehan dua tahun pencapain zero fatality. Namun mengingatkan dan tetap memperhatikan bahwa selama kurun waktu 2022 telah  terjadi kecelakaan ringan dan kecelakaan berakibat berat yang sebagian besar diakibatkan oleh kurangnya pemahaman pekerja terhadap potensi bahaya dan risiko pekerjaan.

Baca:   Pemkot Baubau Bertekad Tingkatkan Kesejateraan Masyarakat

“Karenanya budaya keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) menjadi keharusan untuk dilaksanakan sehingga kita dapat meminimalisir dan mencegah terjadinya kecelakaan serta penyakit akibat kerja,” tegasnya.

General Manager UBPN Konawe Utara, Hendra Wijayanto dalam kesempatan terpisah yang juga selaku Kepala Teknik Tambang (KTT), secara khusus berharap semoga kegiatan penambangan PT Antam Tbk UBPN Konawe Utara tetap berada pada kondisi zero accident dengan secara konsisten menjalankan pekerjaan dengan mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3), menjalankan pekerjaan sesuai dengan standar dan prosedur sehingga target pekerjaan tercapai, tenaga kerja sehat dan selamat serta memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Beberapa rangkaian kegiatan bulan K3 Nasional 2023 yang dilaksanakan di UBPN Konawe Utara ini di antaranya kegiatan promosi dan kampanya K3 berupa sebaran spanduk, umbul umbul dan baliho serta kampanye digital, kegiatan implementatif berupa safety patrol secara rutin, kegiatan donor darah, dan kegiatan sosialisasi refresh budaya K3. (ADV)

loker marketing sultrakini
  • Bagikan