Kabar Terbaru Penerima BLT BBM untuk KPM, Siap-siap ke Kantor Pos

  • Bagikan
Mensos, Tri Rismaharini. (Foto: Dok. Kemensos)

SULTRAKINI.COM: Kementerian Sosial RI menyampaikan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM atau Bansos BBM mulai dicairkan pada September 2022. Masyarakat penerima bantuan nantinya bisa mengunjungi tempat ini untuk proses pencairannya.

Kabar terbarunya, BLT BBM untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan diterima 18.486.756 keluarga dari total awal 20,65 juta keluarga. Dalam hal ini juga Kemensos sedang membersihkan atau melakukan cleansing data KPM.

(Baca: BLT BBM Mulai Dibagikan)

“Sisanya sedang proses cleansing karena seperti kita ketahui, misalkan kita umumkan hari ini, satu jam atau beberapa menit ada yang meninggal (penerima),” jelas Menteri Sosial, Tri Rismaharini dalam konferensi persnya, Sabtu (3 September 2022).

(Baca juga: 3 September 2022: Kenaikkan Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax di Sultra, Begini Alasannya)

Data dalam tahap cleansing berjumlah tiga ratus ribuan kepala keluarga. “Masih ada 313.244 KPM di PT Pos yang sedang kita cleansing bersama,” sambung Risma.

Sementara itu, jadwal pembagian BLT BBM akan dilakukan dua tahap, yaitu September dan awal Desember dengan jumlah masing-masing Rp 300 ribu di PT Pos masing-masing daerah.

Risma menambahkan, masyarakat juga bisa mengusulkan diri sebagai penerima bantuan dengan mengakses Usul Sanggah di laman Kemensos. Program ini pun sudah disediakan 70.000 orang pendamping di seluruh Indonesia untuk melakukan pengecekkan lapangan.

Baca:   TKA Asal Tiongkok Ditemukan Tewas Tergantung di Batang Pohon

BLT BBM juga dialokasikan untuk pekerja bergaji maksimum Rp 3,5 juta. Jumlah penerimanya sebanyak 16 juta orang. Total anggarannya Rp 9,6 triliun.

Laporan: Sarini Ido

  • Bagikan