KAD di Bangkah Tengah: DPRD Konsel Temukan ‘Penawar’ Penyakit Lada

  • Bagikan
Kebun pembibitan Lada di Kabupaten Bangkah Tengah. (Foto Dok.DPRD Konsel/SULTRAKINI.COM)

SULTRKINI.COM: KONAWE SELATANKetua DPRD Konawe Selatan (Konsel) beserta anggota lainnya melakukan Kajian Antar Daerah (KAD) di Kabupaten Bangkah Tengah, Bangkah Belitung. KAD membahas persolalan bidang pertanian. Kegiatan ini berlangsung sejak 2-6 April 2018.

Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo mengatakan Bangkah Tengah dipilih karena wilayahnya mengembangkan komoditi lada dan karet seperti di Konsel.

“Kebetulan di Konawe Selatan memiliki potensi yang sama. Hanya petani kita memiliki persoalan khususnya dalam proses penanaman, penyakit, penjualan, serta pemeliharaan pasca panen pada tanaman lada,” ungkap Irham melalui sambungan WhatsApp, Rabu (4/4/2018).

Dikesempatannya itu, pihaknya juga mengkonsultasikan permasalahan petani soal pembusukan dan kekuningan pada tanaman lada.

“Persolan penyakit sama dengan keluhan di Konsel, tetapi pemerintah daerah (Bangkah Tengah) pro aktif memberikan penyuluhan kepada petani agar meningkatkan kualitas mereka, serta menempatkan penyuluh tiga orang setiap desa,” ucap Irham sebagaimana jawaban yang diterimanya.

Sebelumnya, tiga komisi telah melakukan KAD di tiga daerah, di antaranya Purwakarta dipimpin Wakil Ketua II DPRD Konsel, Nadira; Kabupaten Pati dipimpin Try Haryono; Kabupaten Kutai Kartanegara oleh Komisi III dipimpin Senawan Silondae.

 

Laporan: Adryan Lusa

Baca:   AJP Kembali Terpilih Jadi Ketua Kadin Konsel
  • Bagikan