Kades Nihi Buat Gaduh Apel di Kantor Bupati, Imbas Kekesalannya pada ASN di Mubar

  • Bagikan
Kepala Desa Nihi, Samsul (topi hitam, baju dinas hansip) saat bercengkrama dengan anggota Satpol PP Mubar. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUBAR – Samsul, ktepala Desa Nihi, Kecamatan Sawerigading, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara mengamuk di kantor Bupati Muna Barat hingga mengajak adu jotos anggota Satpol PP, bahkan juga mengancam Kabag Humas dan protokoler, Ali Abdin usai apel gabungan  pada Senin, (8/11/2021) kemarin menuai kontroversi hingga viral di Media Sosial di wilayah setempat.

Rupanya, Samsul mengamuk untuk meluapkan kekesalannya akibat banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang malas mengikuti apel gabungan setiap Minggu di kantor Bupati Mubar.

Katanya, dari ribuan ASN lingkup pemerintah daerah, hanya puluhan orang yang ikut hadir dalam mengikuti apel disetiap Minggu yang menjadi rutinitas Pemda itu.

“Saya luangkan kekesalan dan unek-unek saya, bagaimana tidak ribuan ASN di Muna Barat yang datang cuma puluhan orang saja,” kata Samsul melalui sambungan selulernya, Selasa (9/11/2021).

(Baca: Kades Nihi Buat Gaduh Apel Gabungan Pemkab Mubar, Sampai Ngajak Duet Satpol)

Bahkan lanjut Samsul, pada apel gabungan setiap Minggu-nya, peserta lebih banyak dihadiri oleh kepala desa beserta aparatnya daripada ASN.

“Kita ini di desa hari-hari banyak kesibukan dalam melayani sosial kemasyarakatan, lalu tiap hari Senin harus upacara di kantor bupati, tiba disana ASN yang datang hanya sedikit, itulah yang menjadi kekesalan saya sehingga mengamuk,” ujarnya.

Baca:   Enam Daerah Belum Mengambil Buku Panduan Porprov Sultra XIII

Samsul menerangkan, proses pemerintahan yang dijalankan Bupati Muna Barat, Achmad Lamani sangat jauh berbeda dengan apa yang dijalankan La Ode M. Rajiun Tumada, pada pemerintahan kali ini para ASN semau mereka datang berkantor, tidak mengindahkan setiap instruksi yang dikeluarkan.

“Masanya pak Rajiun tidak seperti ini, sangat jauh berbeda, dulu ASN tidak ada yang berani main-main, apalagi malas Berkantor, sekarang suka-suka mereka,”

Olehnya itu, Samsul berharap agar semua komponen masyarakat bersama-sama menjalankan kinerja sesuai dengan tupoksi masing-masing, agar Muna Barat ini tumbuh dan setara dengan daerah-daerah lain di Sultra.

“Muna barat ini harus dibangun bersama, jangan suka-suka mereka sebagai ASN, mereka itu digaji oleh uang negara dan harus patuh,” tutupnya

Seperti diketahui, saat apel gabungan yang digelar Pemerintah Kabupaten Muna Barat pada Senin, (8/11/2021), Samsul, Kepala Desa Nihi Mengamuk Di kantor bupati, sampai ia membuka baju dinas dan melepas gobangnya dan mengajak anggota satpol PP untuk duet. (C)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan