Kades Rubia Bersyukur Berkat TMMD Gereja Direnovasi, Jika Bisa Program Ini juga Diwujudkan

  • Bagikan
Renovasi Gereja Weare ditinjau Dandim Kolaka, Letkol Inf Risa WP.Setyawan bersama jajaran Pemda Koltim pada 15 Juni 2021. (Foto: Dok.Sultrakini.com)

SULTRAKINI.COM: Kepala Desa Rubia, Kecamatan Aere, Sofian, bersyukur dan berterima kasih, program Tentara Manunggal Membangun Desa ke-111 Kodim 1412 Kolaka masuk ke desanya. Selain program pembangunan ikut dirasakan warga, ia juga ingin mengusulkan program agar bisa dimasukkan dalam TMMD.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah, di mana salah satu sasaran TMMD berada di desa kami. Saya mewakili warga desa maupun jemaat mengucakan terima kasih kepada bupati, bapak Dandim Kolaka, Polri dan masyarakat khususnya Desa Rubia sudah berpartisipasi membangun rumah ibadah,” ucapnya, Minggu (20/6/2021).

Gereja Weare di Desa Rubia, Kecamatan Aere, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara merupakan salah satu sasaran pokok program fisik TMMD. Gereja ini direnovasi dari semi permanen menjadi permanen.

Sofian mengaku, di desa hanya ada satu gereja. Sedangkan di desanya itu sekitar 70 persen adalah kristiani. Selain Gereja Weare yang sejak 2010 dibangun itu, sejumlah jemaat juga mengikuti ibadah di gereja desa tetangga.

“Khususnya di desa kami, 70 kristiani, 30 persen muslim. Di desa kami memang terbagi dua jemaat, ada yang beribadah di desa tetangga,” terangnya via telepon.

Untuk itulah, berkat adanya TMMD–gereja di desa Rubia bisa direnovasi. “Membangun rumah ibadah tentunya membutuhkan banyak anggaran,” sambungnya.

ibu alimazi

Sejauh ini, lanjutnya, renovasi mencapai 70 persen. Manunggal TNI bersama warga rutin bekerja. Khusus warga Rubia, setiap dusun mengutus empat orang dari tiga dusun yang ada setiap harinya untuk membantu pembangunan gereja.

Baca:   Progres Pembangunan Embung Program TMMD Semakin Jelas, Pertanian Warga Aere di Koltim akan Terima Pasokan Air

Sofian menambahkan, selain personel TMMD membangun peningkatan infrastruktur. Mereka juga tinggal di rumah warga. Ada lima rumah tempatnya, personel dan warga tinggal satu atap hingga program TMMD tuntas pada pertengahan Juli 2021.

“Iya, lima rumah ditempati personel TMMD,” ujarnya.

Sebetulnya, kata Sofian, pemerintah desa ingin mengusulkan sejumlah program untuk dimasukkan dalam program tambahan TMMD. Namun, dirinya baru akan mengkoordinasikan hal itu. Salah satu yang akan diusulkan adalah pembangunan jamban.

“Memang masih ada sangat membutuhkan, sesuai data kami dapatkan sekitar 10-15 rumah belum ada jamban,” tambahnya.

Lokasi sasaran TMMD ke-111 Kodim 1412 Kolaka, yaitu Kecamatan Aere, Kabupaten Kolaka Timur, Sultra. Total tiga item program fisik dan sepuluh program nonfisik akan dituntaskan di tiga desa wilayah setempat. Program ini resmi dibuka pada 15 Juni lalu.

Laporan: Sarini Ido
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan