Kadin dan IMI Sultra Bagi-bagi Daging Kurban di Momen Idul Adha

  • Bagikan
Pembagian daging hewan kurban di depan Kantor Kadin Sultra. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Momen kebahagiaan pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi, pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Sulawesi Tenggara dan pengurus komunitas Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Tenggara  berbagi daging hewan kurban kepada masyarakat di Kota Kendari, Minggu (10 Juli 2022).

Jajaran pengurus Kadin Sultra berbagi daging kurban tepat di depan kantornya di Jalan Made Sabara, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari. Tidak main-main, sebanyak empat ekor Sapi dipotong pada momen Idul Adha ini sebagai bentuk kurban dan di bagi-bagikan kepada masyarakat.

Ternyata, aksi bagi-bagi daging kurban pada momen ini merupakan kebiasaan rutin jajaran pengurus Kadin Sultra dibawah komando Anton Timbang sebagai ketua Kadin Sultra setiap tahunnya pada bulan Dzulhijjah atau Idul Adha.

“Tahun lalu Kadin Sultra juga berkurban. Alhamdulillah, tahun ini ada 4 ekor sapi dikurbankan untuk dibagikan kepada fakir miskin atau masyarakat tidak mampu, maupun masyarakat yang ada disekitar kantor Kadin Sultra yang dianggap layak menerima,” terang Ketua Kadin Sultra Anton Timbang melalui Ketua Panitia Kurban Sukarni ditemui di sela-sela pembagian daging, Minggu (10 Juli 2022) menjelang sore.

Sukarni mengatakan pembagian daging dari 4 ekor sapi ini berdasarkan kupon yang telah diedarkan sebanyak 250 kupon oleh jajaran pengurus kepada masyarakat yang dianggap layak menerima yang ada di sekitar tempat tinggal mereka.

Baca:   Mengenal Ipin, Sapi Pilihan Jokowi untuk Kurban di Sultra

“Jadi yang menerima daging kurban ini diutamakan yang memiliki kupon. Masing-masing satu kupon, harapannya dagin kurban ini tepat sasaran. Jika masih ada kelebihan daging kita bagikan ke masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Sebelum dipotong, hewan kurban Kadin Sultra ini telah dicek kesehatannya dan dinyatakan layak kurban oleh Dinas Peternakan Kota Kendari.

“Kesehatan hewan sudah diperiksa dan aman. Harapan dari ketua umum Kadin (Anton Timbang) kurban di Hari Raya Idul Adha ini, masyarakat yang menerima ikut senang, tercukupi kebutuhan makan berupa daging kurban,” pungkasnya.

Pengprov IMI Sultra bagi-bagi daging hewan kurban di sekretariatnya. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Ditempat terpisah, jajaran Pengurus Provinsi (Pengprov) IMI Sultra juga turut bagi-bagi daging hewan kurban kepada masyarakat di Kota Kendari.

Pengurus IMI Sultra, melakukan pemotongan dan pembagian hewan kurban di Sekretariat Pengprov IMI Sulawesi Tenggara di depan Rujab Gubernur Sulawesi Tenggara, Jalan Balaikota, Kelurahan Mandonga Kota Kendari.

Ketua IMI Sultra, Anton Timbang, ikut menyaksikan pemotongan hewan kurban. Sempat bertemu warga sekitar, pengusaha yang diketahui ikut menyumbangkan 14 ekor kurban di sejumlah lokasi di Sulawesi Tenggara itu, langsung meninggalkan lokasi pembagian kurban.

Ketua Harian IMI Sulawesi Tenggara, Mochtar Syahrir, mengatakan, Pengprov IMI menyalurkan 60 kupon kurban bagi sejumlah warga di sekitar sekretariat. Diawali pemotongan hewan berupa satu ekor sapi setelah salat Idul Adha, pengurus kemudian membagikan ke sejumlah warga sekitar.

Baca:   Data Terkini Terkait Covid-19 di Konawe

“Kita utamakan warga sekitar sekretariat baru orang lain,” ujar Mochtar Syahrir.

Dia menyatakan, setiap tahunnya sejak memimpin tahun 2012, Ketua IMI Sulawesi Tenggara Anton Timbang rutin menyalurkan bantuan hewan kurban bagi warga Kota Kendari. Tahun ini, total penyaluran sebanyak 14 ekor sapi yang tersebar di sejumlah lokasi di Kota Kendari dan beberapa daerah lainnya.

“Sebagai bentuk kepedulian dan rasa syukur, Ketua IMI Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Dia berharap, IMI Sulawesi Tenggara bisa ikut berbagi pada momen Hari Raya Idul Adha 1443. Selainjutnya, keihlasan dan rasa syukur bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk terus membantu mereka yang membutuhkan.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan