Kadin Muna Apresiasi Pemda Muna Bangun Pabrik Jagung

  • Bagikan
Ketua Kadin Muna, LM Rafidin (tengah baju hitam) bersama pengurus Kadin. (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Pembangunan pabrik Jagung di Desa Bea, Kecamatan Kabawo, Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara, mendapat apresiasi dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Muna.

Ketua Kadin Kabupaten Muna, LM Rafidin mengatakan, kebijakan Pemda Muna membangun pabrik Jagung yang menelan anggaran Rp14,1 miliar yang bersumber dari dana Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022 merupakan kebijakan yang pro rakyat guna meningkatkan ekonomi bagi petani dan peluang usaha lainnya di Muna.

“Dengan kapasitas pabrik jagung 30 ton, ini merupakan pabrik skala besar yang bisa menjadi jalan pasar yang baik bagi petani jagung, serta peluang usaha lain bisa terbangun, misal, pakan ternak dan peternakan serta olahan turunan jagung yang lainnya,” kata Rafidin, Rabu (1 Maret 2023).

Dirinya berharap, bisa berkolaborasi membesarkan potensi usaha Jagung bersama Pemda Muna, mulai dari hulu ke hilir, mulai dari kesiapan petani sampai pemasarannya serta harga yang berpihak kepada petani.

“Bisa menjaga kepastian harga jagung
Sehingga bisa menjaga semangat petani kita berkelanjutan bercocok tanam untuk mendukung stok pabrik jagung, tetap tersedia,” ungkapnya.

Sebagai Ketua Kadin Muna, Rafidin memiliki memimpi besar menjadikan Muna sebagai produsen jagung terbesar di Sultra bahkan Indonesia Timur.

“Muna saat ini, hanya sebagai konsumen pasar komoditi pangan dan pakan, saatnya kita bersinergi, untuk menjadikan Muna sebagai produsen dan kita mulai dari jagung,” ucapnya. (C)


Laporan: LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan
Exit mobile version