Kajati Sultra Berkunjung ke Muna: Kinerja Cukup Baik

  • Bagikan
Kajati Sultra, Sarjono Turin di dampingi Kajari Muna Agustinus Baka Tangdililing (kanan) dan Kasi Intel Kajati Sultra Noer Adi (kiri). (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sulawesi Tenggara, Sarjono Turin memberikan penilaian kinerja cukup baik kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna, Kamis (11/11/2021).

Penilaian Kajati tersebut usai berkunjung sekaligus mengevaluasi dan monitoring capaian kinerja di Kantor Kejari Muna.

“Alhamdulillah, sejauh ini dalam penanganan kasus yang ada di Kejari Muna cukup baik dan di atas rata-rata dilihat dari laporan yang masuk,” ucapnya.

Kunjungan Kajari Sultra itu dalam rangka kedinasan dengan beberapa agenda, yakni memberikan pengarahan penguatan sinergitas antara Kejati Sultra dengan Kejari Muna, meresmikan gedung barang bukti, meresmikan musala Kejari Muna, serta kunjungan lainnya.

Menyangkut penanganan korupsi, lanjutnya, setiap Kejari mesti menangani satu perkara dan pembiayaannya berasal dari DIPA, baik lidik maupun sidik.

“Dari laporan yang ada, Januari sampai Oktober 2021 dari laporan Pidsus Kejari Muna ada tiga perkara, tahap penyidikan ada dua kasus, penuntutan satu kasus, dan sudah incra atau putus. Sementara penyelamatan keuangan negara sekitar Rp 500 juta lebih,” jelas Sarjono.

Penanganan perkara di wilayah kerja Kejari Muna, meliputi Kabupaten Muna, Muna Barat, dan Kabupaten Buton Utara, Kajati Sultra memberikan arahan khusus kepada kepala seksi pidana khusus.

Sementara langkah pencegahan korupsi juga dilakukan dengan penyuluhan hukum kepada masyarakat.

Baca:   Pelayanan Publik Pemprov Sultra Raih Kategori Zona Hijau

“Penanganan tindak pidana korupsi tetap mengedepankan hati nurani, tetap mengedepankan profesionalisme agar tidak terjadi kegaduhan. Pemberantasan korupsi tetap akan dilakukan, tetapi stabilitas dan kondisi daerah tetap akan menjadi pertimbangan,” terangnya. (B)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan