Kampung Germas Kembali Terbentuk di Kendari

  • Bagikan
Sekda Kota Kendari, Nahwa Umar. (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Gerakan Masyarakat Sehat kembali terbentuk di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Kali ini di RT 03 RW 01 Kelurahan Mataiwoi, Kecamatan Wua-wua pada Minggu (19/9/2021).

Sekda Kendari, Nahwa Umar, menuturkan dengan terbentuknya Kelurahan Mataiwoi sebagai kampung Germas, diharapkan wilayah lainnya bisa segera terbentuk. Sejauh ini kampung Germas dibentuk di 12 kelurahan.

“Mudah-mudahan ini berlanjut hingga ke semua kelurahan karena kunci hidup itu kita bisa bertahan terhadap kondisi apapun,” ucapnya.

Untuk kelurahan selanjutnya, kata Nahwa, teknisnya berada di Dinas Kesehatan Kota Kendari sebagai penilai bahwa kampung tersebut layak dijadikan percontohan bagi kelurahan lain.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Kita berharap masyarakat Kota Kendari memahami hidup bersih dan sehat itu sangat penting untuk kesehatan pribadi, keluarga, dan tentunya masyarakat sekitar,” tambahnya.

Camat Wua-wua, Asman, mengatakan dengan ditetapkannya Perumahan Biraland RT 03 RW 01 Kelurahan Mataiwoi sebagai kampung Germas, maka akan menjadi tahap awal diresmikan kampung serupa di Kelurahan Banggoeya. Tindakan selanjutnya, yaitu implementasi gerakan masyarakat hidup sehat.

“Ini bertujuan untuk meningkatkan hidup sehat di masyarakat, sehingga menjadi dasar pemerintah menetapkan setiap daerah membentuk Germas,” ucapnya.

Untuk diketahui, Presiden RI mengeluarkan Inpres Nomor 1 Tahun 2017, yaitu pemerintah daerah diperintahkan untuk melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Oleh Wali Kota Kendari dikeluarkan instruksi Nomor 641 Tahun 2020 tentang peningkatan pelaksanaan implementasi Germas di Kota Kendari. (C)

Baca:   Pembangunan Gereja Weare Program TMMD di Koltim Tuntas, Warga Bangga dengan Hasilnya

Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan