Kantor Bahasa Satukan Program Pengembangan Komunitas Baca di Sultra

  • Bagikan
Seminar pengembangan komunitas baca di Sultra, Selasa (23/10/2018). (Foto: Wa Kandi/SULTRAKINI.COM)
Seminar pengembangan komunitas baca di Sultra, Selasa (23/10/2018). (Foto: Wa Kandi/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara mengupayakan program pengembangan minat baca bisa dikembangkan dengan instansi yang memiliki program tersebut. Hal ini akan dibahas tuntas dalam seminar pengembangan komunitas baca di Sultra mulai 23-24 Oktober 2018.

Instansi dengan program pengembangan komunitas baca, seperti Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Badan Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, serta Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Informal (BP PAUDNI).

“Selama ini kami jalan dengan program masing-masing untuk pengembangan komunitas baca. Olehnya itu, menyatukan program agar komunitas baca yang ada di Sultra lebih terarah dengan hasil maksimal,” ujar Kepala Kantor Bahasa Sultra, Sandra Safitri Hanan di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (23/10/2018).

Pembahasan program tersebut juga menghadirkan semua komunitas baca di Sultra dengan tujuan kebutuhan dari setiap komunitas bisa diketahui secara langsung sehingga program yang diberikan lebih tepat sasaran.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Saat ini hanya ada kurang lebih sepuluh komunitas baca yang bekerja sama dengan Kantor Bahasa. Kami berharap melalui seminar ini bisa mendapat data pasti jumlah komunitas baca yang ada di Sultra,” tambahnya.

Di kesempatan itu juga, Kantor Bahasa Sultra memberikan penghargaan kepada media online terbaik pengguna Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sultrakini.com menjadi salah satu penerima penghargaan itu. Pihaknya juga memberikan penghargaan kepada sejumlah badan publik dan media ruang publik (hotel).

Baca:   Klasemen Medali PON XX Papua: Sultra Masuk 20 Besar

Kriteria penilaian media online ini adalah ejaan, kesesuaian bentuk pilihan kata, penataan paragraf, dan penalaran. Namun dari hasil penilaian. “Para juri tidak saling bertemu satu sama lain saat penilaian. Kita bertemunya pas rapat penentuan pemenang kategori,” terang salah satu juri, Sukmawati, Selasa (23/21/2018).

(Baca: SultraKini.Com Terima Penghargaan Pengguna Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar)

Laporan: Muh Yusuf, Linda Dwi R& Wa Kandi
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan