Kantor Bahasa Sultra Gelar Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia di Buteng

  • Bagikan
Foto Bersama pada penyuluhan kemahiran berbahasa Indonesia di Kabupaten Buteng, Kamis (20/2/2020). (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara menyelenggarakan penyuluhan kemahiran berbahasa Indonesia bagi tenaga profesional dan calon tenaga profesional di Kabupaten Buton Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan kebahasaan dan kesusastraan lingkup Buteng.

“Sasaranya guru sekolah dasar di Kabupaten Buton Tengah, kegiatan dibuka secara resmi oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buton Tengah Bapak Abdullah,” kata Koordinator Panitia Kegiatan, Untung Kustoro, Kamis (20/2/2020).

Kantor Bahasa Sultra dalam penyuluhannya membawakan materi tentang kebijakan literasi nasional, apresiasi sastra seputar sastra lisan, sastra tertulis atau dongeng daerah, ejaan dan bentuk pilihan kata secara kebahasaan, dan kesusastraan.

Ditambahkan Untung, kegiatan kebahasaan yang diagendakan pada 17-20 Februari 2020 itu diharapkan memberi kontribusi, terutama bagi para pendidik sekolah dasar sebagai salah satu cara peningkatan kualitas berbahasa Indonesia. Di satu sisi, penyuluhan tersebut dapat meningkatkan peran dan fungsi bahasa Indonesia khususnya sebagai bahasa pengantar dan penghela ilmu pengetahuan di dunia pendidikan, mengembangkan wawasan, pengetahuan, keterampilan berbahasa Indonesia, dan meningkatkan kewaspadaan terhadap segala sesuatu yang dapat merusak bahasa Indonesia.

“Semoga suatu saat bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa internasional. Diharapkan di Buteng juga dapat menyumbang bahan bacaan literasi yang berkualitas,” ujarnya.

Baca:   Mengintip Perkembangan BIPA di Sultra

Laporan: Muhammad Shabuur
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan