Kantor Bahasa Sultra Perpanjang Pendaftaran Pemilihan Duta Bahasa Sultra 2020

  • Bagikan
Ketua IKA Dubas, Muh.Kamaruddin Jamal. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara memperpanjang waktu pendaftaran Pemilihan Duta Bahasa 2020 hingga Rabu (4/3/2020) pukul 18.00 Wita.

Pendaftaran Pemilihan Duta Bahasa Sultra sebelumnya dibuka 1 Januari-29 Februari 2020. Kemudian diperpanjang hingga 4 Maret 2020 dikarenakan tingginya partisipasi muda-mudi yang ingin mengikuti kegiatan tersebut.

“Ada banyak peserta mau ikut, mereka mengeluh karena waktu pendaftarannya bertepatan dengan liburan semester. Rata-rata kan mereka pulang kampung kalau libur semester, jadi kita perpanjang pendaftarannya sampai 4 Maret,” ucap Ketua IKA Dubas, Muh. Kamaruddin Jamal, Minggu (1/3/2020).

Peserta yang lulus administrasi akan diumumkan pada 5 Maret 2020. Peserta akan melewati tahapan wawancara pada 6-7 Maret 2020, pengumuman 30 finalis pada 7 Maret 2020, taklimat pada 8 Maret 2020, dan Pemilihan Duta Bahasa pada 10-15 Maret 2020.

ibu alimazi

Sejauh ini, kata Kamaruddin, total pendaftar sebanyak 73 orang dari berbagai universitas di Sultra, misalnya Universitas Halu Oleo, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau.

Bagi peserta yang berminat mengikuti {emilihan Duta Bahasa Sultra 2020, kriteria harus dipenuhi, yaitu warga negara Indonesia yang berdomisili di wilayah Sultra, berpendidikan minimal SLTA, berpenampilan menarik, berusia antara 18-25 tahun dan belum menikah (dibuktikan dengan KTP atau akta kelahiran), mampu berbahasa Indonesia yang baik dan benar, dan menguasai salah satu bahasa daerah di Sultra, dan bahasa asing.

Baca:   (21/4/2020) Jumlah Positif Tetap 30 Orang Dirawat, OTG, ODP, PDP Bertambah di Sultra

Sedangkan persyaratan berkas pendaftaran, berupa biodata berisi keterangan perorangan, pendidikan (formal dan nonformal), kegiatan (prestasi dan organisasi), salinan kartu tanda penduduk atau akta kelahiran, salinan ijazah terakhir, foto berwarna seluruh badan 3R, esai kegiatan kebahasaan dan kesastraan (tulis tangan) minimal 500 kata. Contohnya dapat diunduh melalui tinyurl.com/esaipildubas2020, dan mengisi pendaftaran yang dapat diunduh melalui bit.ly/dubassultra2020.

Berkas dapat dikirim melalui [email protected] atau dapat diantar langsung ke Kantor Bahasa Sultra di Jalan Halu Oleo, kompleks Bumi Praja, Anduonohu (samping Polda Sultra).

Laporan: Nely
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan