Kapolres Baubau Presentasikan Pembentukan Polres Buteng ke Kemenpan RB dan Srena Polri

  • Bagikan
Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo, SIK saat presentasi kesiapan pembentukan Polres Buteng di Jakarta. (Foto: Humas Polres Baubau)
Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo, SIK saat presentasi kesiapan pembentukan Polres Buteng di Jakarta. (Foto: Humas Polres Baubau)

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Baubau, AKBP Erwin Pratomo SIK bersama sejumlah jajarannya menghadiri undangan Staf Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Srena) di Jakarta dalam rangka evaluasi dan validasi usulan pembentukan Polres Buton Tengah (Buteng), Kamis (16 Juni 2022).

Kapolres melalui Kasi Humas Polres Baubau, Iptu Abdul Rahmad mengatakan kunjungan itu dilakukan sebagai bentuk keseriusan Polri dalam membentuk Kepolisian Resor (Polres) di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.

Pada kesempatan itu, Kapolres Baubau mempresentasikan kesiapan pembentukan Polres Buton Tengah kepada tim Kemenpan-RB dan Srena Polri dilanjutkan dengan pengecekan dokumen pendukung usulan pembentukan Polres, seperti sertifikat tanah serta kesiapan pemerintah Kabupaten Buton Tengah dalam persiapan pembentukan Polres.

“Hari ini Kapolres Baubau telah memaparkan kesiapan pembentukan Polres Buton Tengah,” kata Rahmad, Kamis (16 Juni 2022).

Selain usulan Polres Buton Tengah, dalam undangan Telegram Srena Polri juga tertulis usulan Polres Kolaka Timur yang merupakan wilayah hukum Polda Sulawesi Tenggara.

Iptu Rahmad mengatakan persiapan pembentukan Polres Buteng ini sudah dilakukan sejak tahun 2021, di mana sebelumnya pada September 2021 Tim Studi Kelayakan Mabes Polri yang di pimpin Brigjen Pol Budi Yuwono telah menyambangi Kabupaten Buton Tengah dengan agenda meninjau lokasi pembangunan Polres Buton Tengah.

Baca:   Kemenag Berhenti Terbitkan Kartu Nikah Fisik per Agustus 2021, Ini Gantinya

Pada 2022 ini, pemerintah daerah melalui Pj Bupati Buton Tengah, Muhamad Yusup, kembali mempertegas wacana tersebut dengan berkunjung ke Polres Baubau bersilaturahmi dengan Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo, SIK guna membahas persiapan pembentukan Polres yang direncanakan akan dibangun pada 2023 mendatang.

Pemerintah Buton Tengah telah menghibahkan lahan seluas 10 hektar, lokasinya berada  di pusat perkantoran di Kelurahan Bombonawulu, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah yang telah diserahkan sebelumnya pada masa kepemimpinan Bupati Samahuddin.

Pembentukan Polres Buteng dinilai penting mengingat daratan Kota Baubau dan Kabupaten Buton Tengah dipisahkan oleh laut sehingga mobilitas kepengurusan berbagai administrasi di kepolisian harus menyeberang laut.

“Semoga dengan terwujudnya Polres Buton Tengah ini nanti dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di Buton Tengah khususnya dari sisi pelayanan, keamanan dan ketertiban masyarakat,” tutur Iptu Abdul Rahmat. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan