Kapolres Wakatobi Lantik Hamiruddin Nakhodai Pokdar Kamtibmas Bhayangkara

  • Bagikan
Kapolres Wakatobi AKBP Dodik Totok Subiantoro (kanan) menyerahkan pataka ke Ketua Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Wakatobi, Hamiruddin, Senin (9 Januari 2023). (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Kapolres Wakatobi, AKBP Dodik Totok Subiantoro melantik 72 orang pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Bhayangkara Resor Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Senin (9 Januari 2023).

Berdasarkan Surat keputusan Kepala Kepolisian Resor Wakatobi nomor: Kep/01/I/HUK.4.5/2023, Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Wakatobi ini diketuai oleh Hamiruddin dan posisi Sekretaris diisi La Jumadin. Mereka dilantik di Aula Polres Wakatobi serta disaksikan oleh Ketua Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Provinsi Sultra Rusmin Abdul Gani.

loker wartawan sultrakini

Ketua Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Wakatobi, Hamiruddin mengatakan terima kasih kepada Ketua Pokdar Sultra, jajaran Polda Sultra, dan wabil khusus kepada Kapolres Wakatobi sebab memberikan amanah untuk menakhodai organisasi mitra Polri tersebut. Di satu sisi, dirinya menerima posisi tersebut sebagai bentuk kecintaannya akan terwujudnya ketertiban dan kedamaian di lingkungan masyarakat setempat.

“Sebagai salah satu pimpinan lembaga daerah, saya merasa ikut bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban di daerah ini atas dasar itulah dengan segala keterbatasan yang saya miliki, saya menyatakan siap mengemban amanah dengan baik,” ucapnya.

Dia menambahkan, Wakatobi merupakan daerah pariwisata sehingga persoalan keamanan dan ketertiban menjadi hal utama. Untuk itu Hamiruddin berharap semua komponen masyarakat mulai dari instansi vertikal, termasuk pemda bisa menjadikan kedua hal tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam setiap mengambil kebijakan.

Baca:   Kapolres Wakatobi Ajak Tahanan Solat Berjemaah dan Tanamkan Nilai Ibadah

“Hindari kebijakan yang bisa membuat gaduh daerah ini. Saya mengajak kita sadarkan masyarakat untuk menjadikan siapa pun yang membuat gaduh daerah ini sebagai musuh bersama,” ujarnya.

Dalam kerangka menciptakan Wakatobi aman dan tertib, Pokdar kamtibmas Bhayangkara Wakatobi menyatakan akan membantu Polres Wakatobi dalam membangun situasi yang kondusif dengan membangun jejaring di tingkat kecamatan, desa hingga lingkungan, sekaligus menjalin kemitraan dengan babinkamtibmas dalam rangka menggalang masyarakat untuk terlibat aktif menciptakan keamanan dan ketertiban, termasuk pada penyelesaian kasus yang memungkinan untuk diselesaikan dengan metode restorative justice.

Sementara itu, Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Provinsi Sultra, Rusmin Abdul Gani menjelaskan, Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Wakatobi merupakan pertama di “Bumi Anoa” yantg terbentuk di tingkat kabupaten. Hadirnya kelompok ini diharapkan bisa bersinergi dengan pemd dan Polri dalam hal menjaga stabilitas keamanan di masyarakat, serta mewujudkan Wakatobi sebagai pariwisata yang ternyaman di Indonesia.

Pokdar Kamtibmas adalah kelompok masyarakat yang sukarela bermitra dengan Polri guna menciptakan situasi kondusif di lingkungannya masing-masing.

Kapolresta Wakatobi, AKBP Dodik Tatok Subiantoro mengapresiasi terbentuknya Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Wakatobi dikarenakan dapat membantu kerja kepolisian dalam menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Wakatobi.

“Saya mengapresiasi adanya Pokdarkamtibmas Resor kabupaten dan bisa menjadi mitra dalam menjaga kamtibmas di lingkungan sosial, sehingga masyarakat tidak menjadi korban kriminalitas,” ucapnya.

Baca:   97,44 Persen Masyarakat Wakatobi Melakukan Perekaman KTP-el

Dodik berharap, pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara segera terbentuk di setiap kecamatan, desa, hingga lingkungan di Kabupaten Wakatobi sehingga dapat bermitra dengan kepolisian hingga ke tingkat bhabinkabtimas dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah setempat.

Usai dilakukan pelantikan, Kapolres Wakatobi AKBP Dodik Totok Subiantoro dan Ketua Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Provinsi Sultra, Rusmin Abdul Gani meresmikan sekretariat Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Wakatobi. Kemudian melanjutkan rapat kerja pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara wilayah setempat. (C)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan