Kartu Identitas Anak Dilaunching saat HUT Kendari ke-188

  • Bagikan
Kepala Dukcapil Kendari, Halili. (Foto: Dok/SULTRAKINI.COM).
Kepala Dukcapil Kendari, Halili. (Foto: Dok/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kendari akan meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) pada HUT Kota Kendari ke-188, Rabu (1/5/2019). Dalam peluncuran tersebut Dukcapil akan menyediakan 20 contoh KIA.

“Nanti KIA akan kita launcing saat HUT Kendari. Dan kita disiapkan 20 contoh kartu KIA untuk launchingnya ini,” ucap Kepala Dukcapil Kendari, Halili kepada SultraKini.com, Senin (29/4/2019).

Halili mengungkapkan pada tahun 2019, pihaknya menyiapkan 35 ribu blangko untuk pembuatan KIA, yang saat ini dalam proses tender.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Ia menambahkan, penggunaan KIA sama halnya dengan kKTP, yang digunakan untuk kebutuhan anak seperti pengurusan sekolah, pengurusan keimigrasian dan pengurusan pelayanan kesehatan melalui BPJS serta transaksi keuangan.

“Secara fisiknya, KIA mirip dengan KTP-el hanya saja KIA tidak bersifat elektronik. KIA memiliki data yang lebih detail dibandingkan dengan akte kelahiran. KIA sangat praktis untuk dibawa kemana-mana berbeda dengan akte kelahiran yang riskan jika dibawa kemana-mana. Kemudian, KIA diperuntukan untuk usia 0-16 tahun,” ujarnya.

Syarat untuk pengurusan KIA, yakni para orang tua hanya perlu menyiapkan foto copy akte kelahiran dan kartu keluarga.

Laporan: Nely dan Ade Putri
Editor: Habiruddin Daeng

Baca:   Jelang Ramadhan THM Wajib Tutup
  • Bagikan