Kasus Lakalantas di Konawe Selama 2021 Meningkat

  • Bagikan
Kasat Lantas Polres Konawe, AKP Sri Endang Fajar Ningsih, S.H.,S.I.K (Foto: Andi Nur Aris. S/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Konawe mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun 2021 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Jika dilihat secara umum, angka kecelakaan lalu lintas tahun 2021 ini meningkat,” ungkap Kasat Lantas Polres Konawe, AKP Sri Endang Fajar Ningsih, saat ditemui di ruangannya, Senin (06/12/2021).

loker wartawan sultrakini

Ia mengakui, peningkatan angka kecelakaan lalu lintas itu terjadi seiring kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 2021 di Konawe mulai longgar dan tingkat kepatuhan pengendara dalam berlalu lintas itu masih kurang.

“Masih kurangnya kepatuhan masyarakat berlalu lintas yang mengakibatkan angka kecelakaan meningkat,” terangnya.

Lebih lanjut, Sri Endang Ningsih menjelaskan, jika peningkatan angka kecelakaan lalu lintas ini sebagian besar dari kendaraan roda dua melibatkan roda empat, kendaraan parkir (Mobil) di pinggir jalan, sehingga pengendara lain tidak melihat dan terjadi kecelakaan.

“Banyak mengakibatkan korban meninggal dunia dalam kecelakaan itu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, antara lain terdiri dari faktor kelalaian pengendara, faktor kondisi kendaraan, seperti parkir dibadan jalan (mobil), termasuk faktor kelalaian.

“Sementara untuk area rawan kecelakaan di jalur poros jalan yang sudah bagus serta tikungan-tikungan jalan,” jelasnya.

Baca:   Sebelum Menyerahkan Diri, Napi Teroris Sempat Menguasai Blok Tahanan Mako Brimob

Untuk menekan angka kecelakaan khsususnya di wilayah hukum Polres Konawe, Satlantas Konawe akan selalu melakukan penindakan dan penertiban terutama pada anak-anak dibawah umur yang belum bisa menggunakan kendaraan.

“Kita selalu gencar mensosialisasikan dan mengimbau setiap hari agar kesadaran masyarakat itu meningkat dalam berkendara,” pungkasnya. (C)

Laporan: Andi Nur Aris.S
Editor: Hasrul Tamri
n

loker marketing sultrakini
  • Bagikan