Kebun Raya Kendari Resmi Jadi Aset Pemkot Kendari 

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menggunting pita sebagai bukti serah terima Aset Kebun Raya Kota Kendari dari pihak Kementerian PUPR ke pihak Pemerintah Kota Kendari,(Foto: Riswan/ SULTRAKINI.COM)
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menggunting pita sebagai bukti serah terima Aset Kebun Raya Kota Kendari dari pihak Kementerian PUPR ke pihak Pemerintah Kota Kendari,(Foto: Riswan/ SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI Kementerian PUPR resmi menyerahkan pengelolaan aset penataan Kebun Raya Kendari kepada Pemerintah Kota Kendari, yang diserahkan secara seremonial di Kawasan Kebun Raya Kendari, Rabu (20/1/2021). 

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sultra, Mustaba menjelaskan pengelolaan aset penataan Kebun Raya Kendari yang diserahkan terdiri dari tiga bangunan gedung yakni, gedung edukasi, gedung konservasi dan gedung wisma penginapan. 

“Tahun 2021 bangunan edukasi akan dikerjakan dan menjadi tempat belajar dan berfungsi sebagaimana mestinya,” ucap Mustaba, Rabu (20/1/2021).

Ia juga mengungkapkan gedung yang diserahkan masih terdapat kekurangan seperti ruang kelas di gedung edukasi dan laboratorium di gedung konservasi. Bangunan tersebut dihilangkan karena terjadi longsoran dilokasi pendirian bangunan sehingga anggarannya dialihkan untuk pembuatan trap mencegah longsor. 

Dia menambahkan, fasilitas lainnya yang belum tuntas dikerjakan tahun 2020 akan dikerjakan Tahun 2021 ini. Bangunan yang menguras anggaran 40 miliar dalam proses pengerjaan.

“DED awal dananya sekitar Rp 40 miliar, namun hingga kini sudah ada sekitar Rp 25 miliar – 26 miliar sudah digelontorkan. Tahun 2021 ada anggaran Rp 17 miliar mudah-mudahan tidak direfokusing,” tambahnya. 

Dia meminta semua fasilitas yang telah terbangun untuk tetap dijaga dan dipelihara. 

Baca:   Aset Kebun Raya Kini Milik Pemkot Kendari, Sulkarnain Rencanakan Peresmiannya

Secara khusus, Kepala BPPW Sultra meminta Pemkot Kendari untuk melengkapi fasilitas penguat signal di Kebun Raya Kendari. 

Wali Kota Kendari, Sulkarnain langsung merespon permintaan Kepala BPPW Sultra untuk menyediakan pemancar penguat signal dengan memerintahkan Kadis Kominfo Kota Kendari berkoordinasi dengan PT Telkom maupun Telkomsel. 

Wali kota juga memerintahkan pada para kepala OPD Kota Kendari untuk memanfaatkan fasilitas ruang pertemuan yang tersedia di Kebun Raya untuk menghidupkan aktivitas di Kebun Raya Kendari. 

“Saya juga minta bu Sekda untuk menyediakan dana diperubahan anggaran untuk melengkapi fasilitas Kebun Raya Kendari, ini bentuk komitmen kita untuk menjaga fasilitas terbangun terus berbenah sehingga pemanfaatan Kebun raya bisa optimal,” ungkap wali kota. (B)

Laporan: Riswan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan