Kejar Herd Immunity, Binda Suntikkan 5 Ribu Dosis Vaksin di Pelosok Daerah Sultra

  • Bagikan
Binda melakukan vaksinasi langsung ke rumah warga di Kabupaten Buton Tengah. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Sulawesi Tenggara (Sultra) gencar memberikan vaksinasi gratis kepada masyarakat yang ada di setiap pelosok daerah. Hal tersebut terbukti telah menuntaskan lebih dari 5 ribu dosis yang dilakukan pada 7 hingga 8 Desember 2021 ini.

Kepala Binda (Kabinda) Sultra, Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana menuturkan pihaknya akan terus memberikan vaksinasi gratis guna mengejar kekebalan imunitas atau herd Immunity yang merata kepada masyarakat Sultra. Hal ini juga bertujuan memerangi pandemi yang melanda negeri saat ini.

“Semoga apa yang kami lakukan ini bisa memberikan manfaat sekaligus mengedukasi masyarakat akan pentingnya imunitas tubuh untuk memerangi pandemi agar bisa cepat kembali ke kondisi semula. Alhamdulillah yang kami lakukan dari kemarin hingga hari ini sudah menyentuh 5 ribu dosis tersalurkan. Kami lakukan hampir setiap hari,” ungkap Toto, Rabu (8/12/2021).

Dikatakannya, bahwa vaksinasi yang digelar pada Selasa, 7 Desember 2021 kemarin, dilaksanakan dibeberapa titik di 10 kabupaten dan kota, yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1) Kolut, Desa Lapao Pao Kolaka, Kelurahan Kolakaasi Kolaka, Desa Puu Lawulo Kolaka, SMPN 2 Rumbia Bombana, Balai Desa Matandahi Konut, Balai Desa Matahoalu Konawe, SMAN 9 Kendari.

Selanjutnya, Puskesmas Punggaluku Konsel, SMPN 10 Loghia Muna, Aula Kelurahan Tombula Muna, Desa Rantegola Butur, SMPN 1 Wakorumba Utara Butur, dan MTSN 1 Wangi-wangi Wakatobi.

Lanjutnya, Binda menargetkan 2.400 dosis akan diberikan kepada warga. Namun, karena antusias masyarakat yang tinggi dan munculnya kesadaran akan pentingnya imunitas tubuh, target tersebut terlampaui dengan capaian 3.000 dosis disuntikkan.

Baca:   Ini Penyakit Mengerikan Pengguna Rokok Elektrik

Sementara itu, Toto merincikan, pada hari kedua ini (8/12) vaksinasi dilaksanakan di 15 titik diantaranya 10 kabupaten dan kota, yakni SMPN 3 Samaturu Kolaka, Kelurahan Sakuli Kolaka, SMPN 2 Rumbia Bombana, Desa Lakomea Bombana, Desa Lalombua Konut, Balai Desa Wawoone Konawe, Kelurahan Konda Konsel, Aula Kelurahan Kontumolepe Muna, Balai Desa Bungi Muna.

Kemudian, di SMAN 3 Mawasangka Buteng, Desa Labuan (Butur), UPT Laeya Butur, MTSN 1 Baubau, Desa Wakinamboro Busel, Desa Lampanairi Busel dengan target 2.200 dosis.

Diapun berharap hasil yang didapatkan hari ini seperti hari sebelumnya dengan melebihi target. Jenderal dengan pangkat bintang satu tersebut juga membeberkan bahwa sasaran vaksinasi yang terus dilakukan oleh pihaknya adalah masyarakat umum dan pelajar dengan vaksin dosis 1 dan dosis 2.

“Selama status pandemi belum dicabut maka selama itu pula kita tetap mematuhi ketentuan dengan menerapkan prokes diantaranya menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker,” tandasnya. (C)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan