Keluarga di Mubar Dibentuk Lebih Berencana dan Berkualitas

  • Bagikan
Bimtek kader PPKBD dan sub PPKBD di Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Dalam upaya membentuk keluarga berkualitas, harmonis, dan sejahtera, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara melaksanakan mekanisme operasional lini lapangan, Rabu (15 September 2021).

Kegiatan tersebut dilakukan pada Kader Peran Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD di Balai pertemuan Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah.

Kepala Dinas DPPKBPPPA Mubar, Sunardi, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk PPKBD dan sub PPKBD.

“Kader PPKBD merupakan perpanjangan tangan dari penyuluh keluarga berencana karena terbatasnya penyuluh KB, maka kader PPKBD dan Sub PPKBD yang turun langsung mendata dan melaporkan masyarakat yang mau ikut program KB baik yang baru maupun yang perpanjangan,” ucapnya.

Sunardi menekankan para kader aktif dalam melakukan pencatatan dan pelaporan pencapaian KB baru dan KB aktif di setiap wilayah binaan PPKBD dan Sub PPKBD.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Dalam melakukan pengumpulan data pada pendataan keluarga berbasis IT, olehnya itu para kader dapat menyesuaikan diri untuk pengoperasian teknologi tersebut,” terangnya.

Pembinaan kegiatan kampung KB di Kabupaten Mubar, meliputi kependudukan, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, ketahanan keluarga dan pemberdayaan keluarga (pembangunan keluarga), dan kegiatan lintas sektor (bidang pemukiman, sosial ekonomi, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan) yang disesuaikan dengan kebutuhan wilayah kampung KB.

Baca:   Musrembang Desa Lakanaha Prioritaskan Sarana dan Prasarana Serta Sektor Ekonomi

“Kegiatan ini juga diadakan diskusi mengenai permasalahan yang dihadapi dan solusi. Pembinaan ini diharapkan kader PPKBD dan Sub PPKBD dapat mendukung program DPPKBPPPA demi mewujudkan keluarga sejahtera dan berkualitas dengan menjalankan tugas dan fungsinya di desa masing-masing,” tambahnya.

Kegiatan ini akan dilakukan selama tiga hari, pertama di Tiworo Raya tepatnya di Desa Suka Damai Kecamatan Tiworo Tengah, Lawa Raya akan dilakukan di Desa Waulai Kecamatan Barangka, Kusambi Raya akan dilaksanakan di Desa Tanjung Pinang Kecamatan Kusambi. (B)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan