Kemah Bela Negara Daerah Sultra Berlangsung di Kolaka, Wagub Sultra Singgung Sungai Tamborasi

  • Bagikan
Upacara pembukaan Kemah Bela Negara di Kabupaten Kolaka. (Foto: A. Lanto/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Upacara Kemah Bela Negara Daerah Sulawesi Tenggara yang dipusatkan di Stadion Gelora Kabupaten Kolaka berlangsung meriah dan hikmat, Kamis (15 Desember 2022).

Kemah Bela Negara ini mengusung tema “Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami” diikuti oleh masing-masing perwakilan kabupaten dan kota se- Sultra sekira 400 orang peserta. Dijadwalkan, akan berlangsung pada tanggal 14 sampai 19 Desember 2022.

loker wartawan sultrakini

Adapun kegiatan-kegiatan Kemah Bela Negara ini ialah pengenalan komponen cadangan, giat pertahanan udara, giat pentas kebangsaan, giat wisata, serta giat jumpa tokoh. Untuk narasumbernya atau pemateri  panitia melibatkan dari Polda Sultra, BIN Sultra, Lanud Haluoleo, Kodim 1412 Kolaka, Pos AL Kolaka, BNN Kolaka, dan federasi panjat tebing Kolaka.

Ketua Kwarda Pramuka Kolaka, H. Ahmad Safei, dalam sambutannya mengatakan, rasa syukurnya atas segala partisipasi dan kehadiran peserta mengikuti Kemah Bela Negara Daerah Sulawesi Tenggara tahun 2022.

“Saya ingin menyampaikan kepada kita semuanya telah memberikan kepercayaan Kwarcab Pramuka Kolaka sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini dan saya berharap semoga dalam kemah bakti ini banyak hal yang bisa kita dapatkan dalam hal mengerakkan, menggairahkan gerakan pramuka di Sulawesi Tenggara,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Pramuka Sultra sekaligus sebagai Wakil Gubernur Sultra, H. Lukman Abunawas, mengatakan pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa Indonesia saat ini. Begitu juga dengan pembangunan sumber daya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas.

Baca:   PELNI Kendari Ketat Periksa Calon Penumpang

“Untuk itu saya berharap kepada seluruh jajaran Pramuka di Sultra utamanya anggota dewasa baik yang ada di Majelis Pembimbing, Andalan, Pelatih, Pembina, Pamong Saka, maupun Instruktur merapatkan barisan bekerjasama secara sinergi untuk menciptakan generasi muda yang berkepribadian baik, berkarakter, berwatak handal dalam berpikir dan bertindak, serta memiliki jiwa Pancasila dan Bela Negara,” katanya

Di sisi lain, Lukman menyoroti Sungai Tamborasi di Kolaka yang telah menjadi sorotan mata dunia.

“Saya berharap kerjasama dari semua lini, baik Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, dan Gugus Depan menyoroti hal tersebut,” imbuhnya. (B)

Laporan: A. Lanto
Editor: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan