Kemenag Sultra Jadi LO MTQ Korpri ke V Tingkat Nasional, Kompetisi Siap Digelar

  • Bagikan
Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Zainal Mustamin. (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara ditunjuk sebagai liaison officer yang bertugas melakukan komunikasi dan koordinasi antarpeserta di gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) V Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tingkat nasional.

MTQ kali ini akan diselenggarakan di Provinsi Sultra pada 14-20 November 2021 dan diikuti kafilah dari provinsi se-Indonesia.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Zainal Mustamin mengaku pada MTQ kali ini pihaknya mendapatkan dua tugas, yakni menjadi LO Kemenag Pusat sebagai peserta, sekaligus sebagai LO dewan hakim yang berjumlah 139 orang. Jadi pihaknya akan mengatur mobilisasi dewan hakim pada sembilan titik lomba yang ditentukan.

“Dewan hakim ini harus dijaga agar dalam penilaian tidak ‘masuk angin’ dari pihak lain yang mencoba memengaruhi keputusan yang diberikan,” ujarnya, Rabu (3/11/2021).

Sesuai jadwal kegiatan ini akan dibuka secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Selain itu, peserta Kanwil Kemenag Sultra menyiapkan 14 orang dan pendamping tiga orang.

“Sejauh ini apa yang menjadi tugas kami untuk mempersiapkannya itu berjalan dengan baik, termasuk persiapan dari kepesertaan yang mewakili Sultra. Jelang lomba kami lakukan pemusatan latihan kepada mereka,” tambahnya.

Zainal berharap kafilah Sultra mampu mendulang kembali prestasi nasional sebagai juara umum yang diraih pada MTQ Korpri nasional ke-III di Samarinda, Kalimantan Timur.

Baca:   Dinas Pariwisata Wakatobi Keciprak DAK Terbesar Se-Indonesia

Sementara itu Sekda Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan karena ini merupakan event nasional yang dihadiri ratusan orang sehingga Pemprov Sultra akan menerapkan prinsip kehati-hatian guna mengantisipasi lonjakan Covid-19.

“Prokes tetap ditegakkan bagi setiap peserta yang menghadiri kegiatan, pada saat datang akan dites PCR dan rapid antigen,” tegasnya, Selasa (2/11/2021).

Diketahui untuk cabang lomba dipertandingan sebanyak sembilan jenis yakni:

  1. Tilawah (ex MTQ Kendari);
  2. Khutbah Jumat (Aula Masjid Raya Al Kautsar);
  3. Hifzh Al Quran golongan juz 30 (juz Amma) dan golongan Surah Al Baqarah (Masjid Abu Bakar Ash Siddiq);
  4. Hifzh Al Quran golongan Surah Al Imran dan An Nisa dan golongan tujuh surah pilihan (Masjid Al Alam Kendari);
  5. Dawah Al Quran (Auditorium IAIN Kendari);
  6. Penulisan artikel Al Quran (Aula Perpustakaan IAIN Kendari);
  7. Khath Al Quran, golongan Dekorasi dan Kontemporer, golongan Digital (LPMP Sultra);
  8. Tartil Al Quran (Aula Dinas Cipta Karya Sultra);
  9. Adzan dan Doa (Gedung Sapta Pesona Dinas Pariwisata, Sultra). (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan