Kemenkumham Sultra Rajut Kebersamaan dengan Warga Binaan, Duduk Setara Makan Nasi Ompreng

  • Bagikan
Warga binaan Lapas Kelas II A Kendari berkumpul mendengarkan tauziah (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dalam rangka menciptakan satu rasa, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba bersama pejabat lainnya makan nasi Ompreng bersama warga binaan Lapas Kelas II A Kendari pada Kamis (14 April 2022).

Kegiatan ini dikemas dalam Program Pendekatan Humanis di Bidang Pemasyarakatan, sekaligus dirangkaikan dengan safari ramadan dan pembukaan pesantren kilat.

Kakanwil di dampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Muslim, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Maktub, dan jajarannya berkumpul di lapangan terbuka, sekaligus berbuka puasa bersama warga binaan Lapas Kendari.

Silvester Sili Laba mengatakan, program tersebut rutin digelar dan berhubung bertepatan dengan ramadan maka dirangkaikan dengan pesantren kilat bagi warga binaan.

“Berikan pelayanan yang humanis dan penuh keramah-tamahan pada teman-teman kita di sini (warga binaan). Mereka adalah bagian dari kita jadi perlakukan mereka sebaik mungkin, jangan ada petugas arogan,” ujarnya.

Program Pendekatan Humanis di Bidang Pemasyarakatan juga untuk menjaga keamanan dan ketertiban lapas/rutan dengan melakukan pendekatan dari hati ke hati.

“Kita ikut merasakan apa yang mereka rasakan apa yang mereka makan. Kita berikan pelayanan dari hati. Memberikan ketenangan, keteduhan dan kebersamaan,” ucap Silvester.

Di tempat yang sama, Kepala Lapas Kelas II A Kendari, Abdul Samad Dama mengatakan khusus pesantren kilat hingga 29 April mendatang, digelar guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga binaan Lapas Kendari terlebih di bulan suci ramadan. Kegiatan ini akan diikuti sekitar 40 orang warga binaan dari pidana umum, narkoba dan tipikor.

Baca:   ISEI Kendari Diminta Genjot Ekonomi Daerah

“Di waktu lowong dari pada menghayal dan lain sebagainya mendingan isi dengan kegiatan spritual, seperti mengaji dan ceramah,” jelasnya. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan