Kemenpora Identifikasi Bakat Cabor Atletik di Konkep

  • Bagikan
Suasana kedatangan Tim Identifikasi Bakat Cabang Olahraga Atletik Kemenpora di Konkep, Selasa (21/6/2021). (Foto: Muh Arwan/SULTRAKINI.COM)
Suasana kedatangan Tim Identifikasi Bakat Cabang Olahraga Atletik Kemenpora di Konkep, Selasa (21/6/2021). (Foto: Muh Arwan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia menggelar kegiatan yang bertajuk Identifikasi Bakat cabang Olahraga (Cabor) Atletik di Gedung Aula Perikanan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Selasa (21/6/2021). Event ini diadakan untuk mencari dan menemukan bibit atlet berbakat yang potensial.

Kegiatan identifikasi bakat atletik ini dihadiri oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PBPASI), Drs. Cukup dan diikuti oleh 20 guru olahraga SMP sederajat dan pelatih cabang olahraga di Konkep.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI, Waliono mengatakan, dari 250 siswa yang akan mengikuti seleksi jumlahnya masi terlalu sedikit karena di Konkep kira-kira usia 13 sampai 15 tahun bukan hanya 250 saja.

“Meskipun demikian, tetapi 250 siswa ini hanya sebagai sampel untuk bibit yang akan di pantau dalam mengidentifikasi atlet-atlet yang berpotensi,” ujarnya, Selasa (22/6/2021)

Waliono mengharapkan, apa yang menjadi rintisan Kemenpora ini dengan tujuan agar dapat diterima oleh masyarakat Indonesia, karena tujuan Kemenpora hadir melakukan seleksi atau penjaringan atlet-atlet berpotensi ditengah-tengah masyarakat bukan hanya di perkotaan tapi sampai ke wilayah kabupaten dan kota seluruh Indonesia untuk mempersiapkan bibit atlet Indonesia kedepan.

“Harapan Kemenpora kedepan adalah untuk bisa menyiapkan kurang lebih 250 ribu atlet. Dan kami akan diseleksi sampai tahun 2032,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Konkep yang diwakili Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Konkep, Armin. S.Pd. M.Pd mengatakan selama ini yang terjadi di Konkep upaya peningkatan mutu di sekolah tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik, akan tetapi juga menyangkut aspek non akademik bagi siswa yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga.

Baca:   2017, BPMD Konkep Fokus 5 Program

“Hal itu dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan jasmani sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademi di sekolah,” ucapnya.

Armin bilang, kegiatan identifikasi bakat cabang olahraga atletik ini sebagai bagian dari sistem olahraga yang bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlit berbakat dalam bidang olahraga, untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan menjadi atlit daerah.

“Sehingga nantinya tidak susah lagi mencari atlet -atlet yang berpotensi dan berprestasi yang diproyeksikan untuk meningkatkan ajang-ajang olahraga baik tingkat lokal, regional, maupun Internasional,” jelasnya.

Menurut dia, identifikasi atlet ini merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi para pelajar untuk berkreasi dan berinovosi, sekaligus momentum peningkatan bakat cabang olahraga atletik bagi para pelajar SMP sederajat se- Kabupaten Konkep.

“Untuk itu, harapan kita para peserta atau pelajar kita bisa memaafkan peluang ini dengan baik, karena tidak menutup kemungkinan kedepan jika dilihat berpotensi maka akan jadi atlet nasional,” pungkasnya. (B)

Laporan: Muh Arwan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan