Kemenristekdikti Setujui USN Kolaka Buka Kampus di Buteng

  • Bagikan
Rektor USN Kolaka, Azhari. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)
Rektor USN Kolaka, Azhari. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka membuat sejarah baru dalam dunia pendidikan di Bumi Anoa. Kampus negeri yang saat ini memiliki gedung perkuliahan di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, juga akan membangun kampus B di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Kecamatan Mawasangka.

Rektor USN Kolaka, Azhari, menerangkan pembangunan kampus B di Kabupaten Buteng telah disetujui oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Tadi (kemarin) pagi, saya dapat informasi resminya dari Kemenristekdikti, tinggal saya tunggu salinan aslinya,” terang Rektor, Kamis (21/2/2019).

(Baca: DPRD Sultra Setujui Operasional Kampus Vokasi USN di Buteng)

Pembukaan pembangunan kampus di Buteng berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani langsung Menristekdikti, Mohammad Nasir bahwa USN Kolaka diberikan kewenangan mengembangkan kampus USN di Buteng. Dalam SK itu dijelaskan pula menetapkan Tri Darma Perguruan Tinggi pada USN Kolaka di Kabupaten Buton Tengah. Kemudian penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi sebagaimana dimaksud diktum ke satu merupakan pengembangan kampus USN Kolaka yang saat ini berlokasi di Kabupaten Kolaka.

“Artinya, kalau tidak ada penekanan pada poin ke dua bahwa di Buteng itu merupakan pengembangan kampus USN Kolaka, sebenarnya ini sudah menjadi universitas tersendiri,” jelas Azhari.

Kampus B di Buteng nantinya berdiri di atas lahan seluas 100 hektare yang diwakafkan oleh warga adat dan 70 hektare, di antaranya telah bersertifikasi resmi dari Badan Pertanahan Nasional.

Baca:   Generasi Milenial Rentan Terpapar Hoaks

“Sertifikat itu tidak ada yang saya bayar, 0 persen, itu murni perhatian dari warga Buton untuk mendorong dan mendukung saya untuk membangun kampus USN di sana,” ucapnya.

Untuk sementara, tambah rektor, ada tiga program studi (Prodi) yang tahun ini dibuka di Buteng, salah satunya Prodi Diploma IV Keperawatan. “Jadi D III Keperawatan yang kita punya sekarang itu akan menjadi D IV. Dan penerimaan maba (mahasiswa baru) tahun ini rencana akan dibuka di sana. Kebetulan Pemda di sana juga menyiapkan kami gedung yang besar untuk perkuliahan sementara, kapan saja bisa kita pakai,” ujarnya.

Direncankan pembangunan kampus tersebut diresmikan oleh Kemenristekdikti Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti, Dr.Ir.Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc pada Senin, 25 Februari mendatang.

Kampus B USN juga akan dibangun di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

(Baca juga: Kampus B USN Kolaka Bakal Dibangun di Bombana Tahun Depan)

Laporan: Zulfikar
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan