Kementrian PUPR Rehap 120 Unit Rumah di Wakatobi, Sebagian Akan Dijadikan Homestay

  • Bagikan
Aswiadi, (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)
Aswiadi, (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan akan merenovasi dan rehabilitasi 120 unit rumah di Kabupaten Wakatobi, sebagian dibuat menjadi rumah dengan fungsi usaha di tahun 2021 ini.

Diantara 120 unit rumah ini merupakan program sarana hunian pariwisata (Sarhunta) 20 unit rumah diantaranya akan menjadi homestay.

Program Sarhunta merupakan rangkaian kegiatan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Ada 20 unit rumah warga yang akan di jadikan homestay sementara 100 unit rumah lainnya hanya peningkatan kualitas rumah tanpa fungsi usaha di sepanjang koridor,” kata Kepala Dinas  Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Wakatobi, Aswiadi, Jumat (18/6/2021), kemarin.

Aswiadi mengatakan, pembangunan homestay bisa menelan anggaran sekitar Rp100 juta perunit.

Program Sarhunta ini untuk mendukung Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) salah satunya Kabupaten Wakatobi.

Aswiadi menjelaskan, ada beberapa lokasi atau desa yang ditinjau langsung oleh tim teknis dari Dirjen Perumahan, diantaranya Desa Liya Togo namun dari verifikasi yang lakukan, desa yang paling layak untuk pengembangan homestay hanya Desa Waha, Kecamatan Wangi-wangi.

“Dipilihnya Desa Waha karena sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata daerah, serta selama ini masyakaratnya telah menyewakan rumahnya sebagai homestay, sehingga tinggal dipoles agar rumahnya lebih layak lagi,” terangnya. (C)

Baca:   Pekerja Jasa Konstruksi Wajib Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan