Kenalan dengan BFF, Komunitas ‘Penjaga’ Teluk dan Pantai di Kendari

  • Bagikan
Komunitas BFF. (Foto: Andi Gery/SULTRAKINI.COM)
Komunitas BFF. (Foto: Andi Gery/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Beach Friends Forever (BFF) merupakan komunitas yang fokus pada kebersihan teluk atau pantai yang berada di sekitaran Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Meski baru terbentuk Maret 2018 dengan sepuluh anggota, aksi mereka telah diperlihatkan melalui pembersihan enam kali di sejumlah lokasi.

Ketua Komunitas BFF, Dini Rahmat, mengaku sepanjang aksi bersih-bersih teluk maupun pantai, ditemukan banyak sampah organik dan anorganik berserakan. Sejumlah warga masih menganggap teluk/pantai sebagai lokasi pembuangan sampah. Kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya terbilang kurang.

“Kami sangat prihatin terhadap kondisi teluk dan pantai yang berada di sekitara Kota Kendari, itulah alasan kami membentuk komunitas ini,” kata Dini Rahmat, Senin (30/7/2018).

Guna mendeteksi lokasi banyaknya sampah di teluk atau pantai, mereka mengandalkan info di sosial media dan informasi dari masyarakat. Kemudian, merencanakan aksi pembersihan.

BFF berharap, warga Kendari memiliki kesadaran untuk tidak menjadikan teluk/pantai sebagai lokasi pembuangan sampah. Upaya mereka meminimalisir perilaku kurang ramah lingkungan itu dengan mengagendakan sosialisasi ke sekolah-sekolah di sekitaran pesisir Teluk Kendari.

“Kami berharap, masyarakat bisa menganggap sampah sebagai barang yang ekonomis, bukan hanya sebagai benda yang tidak terpakai. Mari menjaga bersama teluk dan pantai di Kota kendari,” ujar Dini Rahmat kepada SultraKini.Com.

Baca:   450 Prajurit TNI Yonif 725 Woroagi Siap Jaga Perbatasan RI-PNG

Laporan: Andi Gery

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan