“Kenapa Sampai Kepala Desa Ini Mau Beri Uang”

  • Bagikan
Sejumlah uang diduga hasil pemerasan terhadap sejumlah kepala desa di Kabupaten Konawe Kepulauan, Sultra yang diamankan di kantor Polsek Wawonii. (Foto: Aldi Dermawan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Kasus penipuan oleh lima anggota KPK gadungan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara, ternyata diketahui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bukan dari korbannya yang tak lain kepala desa setempat. Informasi itu diperoleh dari kepala desa lainnya, diluar dari para korban.

Pengakuan Staf DPMD Konkep, Aludiman, para kepala desa di Konkep sebelumnya mengikuti bimbingan teknis beberapa waktu lalu. Namun kabar kasus penipuan tersebut tidak diceritakan.

“Paling heranya kejadian tersebut seakan disembunyikan, kami dapat infonya dari kepala desa yang lain, bukan mereka yang bersangkutan mungkin karena takut sehingga tidak melapor ke kami. Kita juga belum tahu kenapa sampai kepala desa ini mau beri uang,” kata Aludiman, Selasa (3/4/2018).

Aksi lima anggota KPK gadungan diketahui, sebanyak dua kali terjadi di Kabupaten Konkep pada Januari 2018. Sehubungan tertangkapnya mereka, setelah Satpol PP bersama Pemberdaya Masyarakat Desa Polara melakukan operasi tangkap tangan pada Selasa, 3 April 2018. Sedangkan keberadaan mereka sejak 2 April 2018 di Konkep melalui jalur laut menggunakan kapal Feri Bahteramas.

Penangkapan kelima, turut disita uang senilai Rp 35 juta dan seragam bertuliskan LP KPK yang digunakan untuk beraksi oleh aparat Polsek Wawonii.

Baca:   Agus Feisal Titip Pesan dari Rutan KPK

 

Laporan: Aldi Dermawan

  • Bagikan