Kendari Diguncang Gempa Usai Sahur

  • Bagikan
Monitoring gempa di Kendari, Selasa (20/4/2021). (Foto: BMKG)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Wilayah Kendari, Sulawesi Tenggara diguncang gempa tektonik bermagnitudo 3,1 pada Selasa (20/4/2021) pukul 05:39:52 Wita. Gempa darat ini tepatnya di 5,6 kilometer barat laut Kendari pada kedalaman lima kilometer.

Monitoring Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa di wilayah Kendari dipicu oleh aktivitas Sesar Kendari North di barat laut Kendari. Getaran gempa dilaporkan dirasakan di Kendari III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Belum ada juga laporan mengenai kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa. Hasil permodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami.

“Jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari North di barat laut Kendari. Hingga pukul 06.15 Wita, hasil monitoring BMKG belum terjadi gempa susulan,” ucap Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, Selasa (20/4/2021).

BMKG mengimbau masyarakt tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diharapkan menghindari bangunan retak atau rusak akibat gempa. Pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan dari gempa.

Editor: Sarini Ido

Baca:   Gempa Bermagnitudo 6,9 Guncang Luwuk Terasa Sampai Kendari
  • Bagikan