Kendari Disematkan sebagai Kota Layak Anak 2021

  • Bagikan
Foto bersama Pemkot Kendari menerima predikat Kota Layak Anak 2021. (Foto: Dok.Pemkot Kendari)

SULTRAKINI.COM: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI memberikan predikat Kota Layak Anak kepada Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada 2021. Kota Kendari mendapatkan KLA kategori Nindya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir bersyukur ibu kota Provinsi Sultra ini menerima predikat KLA 2021. Dirinya mengaku, keberhasilan itu adalah hasil dukungan semua tim dan kerja sama semua pihak.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa wujudkan Kota Kendari sebagai Kota Layak Anak dengan kriteria nindya. Kita jangan puas apa yang dicapai hari ini karena yang paling penting adalah bagaimana anak-anak kita khususnya di Kota Kendari merasakan bahwa kota ini layak buat mereka,” jelasnya, Selasa (12/10/2021) dilansir dari laman Pemkot Kendari.

Meski sudah berpredikat KLA, Sulkarnain mengaku masih ada kekurangan harus dibenahi untuk menciptakan Kota Kendari sebagai Kota Layak Anak.

Predikat Kota Layak Anak di Indonesia

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Selain Kota Kendari, predikat KLA 2021 juga diberikan kepada ratusan kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Tahun ini, terdapat empat kota mendapatkan predikat KLA kategori utama, yaitu Kota Surabaya, Kota Yogyakrta, Kota Denpasar, dan Kota Surakarta.

Sedangkan penghargaan tingkat Nindya diraih 38 kabupaten/kota termasuk Kota Kendari. Khusus tingkat Madya diraih 100 kabupaten/kota serta tingkat pratama diraih 133 kabupaten/kota.

Baca:   Pemdesa Liwulompona di Buteng Salurkan BLT-DD Tahap VII

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI memberikan predikat KLA kepada daerah yang memiliki komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhaan hak dan perlindungan khusus anak melalui proses evaluasi dari tim Kemen PPPA, tim dari kementerian/lembaga, dan tim independen.

Evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang ditetapkan hingga pada akhirnya bermuara pada penganugerahaan Kota Layak Anak pada lima tingkataan, berupa pratama, madya, nindya, utama dan KLA.

Laporan: Siti Fauzizah Astuti.A
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan