Kepala DKP Wakatobi Diduga Langgar Netralitas ASN dalam Kampanye Caleg DPRD Sultra

  • Bagikan
Kepala DKP Wakatobi, Saoruddin
Kepala DKP Wakatobi, Saoruddin

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Insiden yang berpotensi melanggar netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) terjadi di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Wakatobi, Saoruddin, diduga kuat melakukan kampanye tidak resmi untuk Sudirman A. Hamid, calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Sulawesi Tenggara dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Kejadian ini berlangsung dalam acara penyerahan bantuan alat tangkap ikan, pasar murah, dan beasiswa oleh Pemerintah Daerah Wakatobi di aula kecamatan Kaledupa, pada 4 Desember 2023.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Wakatobi, Haliana, bersama pejabat pemerintahan daerah dan lokal, termasuk Camat, Kepala Desa, dan Lurah. Keceplosan Saoruddin terjadi saat ia memberikan sambutan, di mana ia secara terbuka memperkenalkan Sudirman A. Hamid sebagai calon anggota DPRD Sultra dari PDIP, bahkan meminta Hamid berdiri untuk dikenali oleh hadirin.

Saat dikonfirmasi pada 5 Desember 2023, Saoruddin mengakui keceplosannya dan membantah adanya tendensi politik dalam pernyataannya. “Saya hanya ingin memperkenalkan karena beliau bukan warga Kaledupa, tanpa ada maksud lain,” terang Saoruddin.

Sudirman A. Hamid, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, merupakan kader PDIP, sama seperti Bupati Wakatobi Haliana. Kasus ini sedang ditelusuri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wakatobi. Menurut Arfis, anggota Bawaslu, pihaknya telah meninjau rekaman video insiden tersebut dan akan melakukan rapat pleno untuk menentukan langkah selanjutnya.

Laporan: Amran Mustar Ode.

  • Bagikan