Kerukunan Keluarga Menui Kepulauan di Sultra Terbentuk, Siap Dukung Pembangunan Daerah

  • Bagikan
Bupati Morowali, Drs.Taslim saat mengukuhkan pengurus KKMK Sultra masa bakti 2022-2025 (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)
Bupati Morowali, Drs.Taslim saat mengukuhkan pengurus KKMK Sultra masa bakti 2022-2025 (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Keberadaan Kerukunan Keluarga Menui Kepulauan (KKMK) di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dikukuhkan oleh Bupati Morowali, Drs.Taslim, di salah satu hotel di Kendari, Sabtu (10 September 2022).

Pelantikan ini mengusung tema “Metutufai meronga ronga fumanguha inianto fita Menui Barakati” diharapkan keberadaan KKMK masa bakti 2022-2025 ini dapat mendukung program pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Taslim mengatakan, untuk mencapai berbagai program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah daerah dibutuhkan dukungan dari berbagai komponen masyarakat, termasuk didalamnya paguyuban Kerukunan Keluarga Menui Kepulauan yang ada di Sultra.

“Dengan terbentuknya kerukunan tersebut bisa membuat warga Menui yang ada di Sultra semakin solid dan bisa berkarya untuk Sultra yang lebih baik kedepannya. Semoga semuanya bisa memanfaatkan potensi mereka, apa lagi saya liat tadi warga Menui di Sultra ini ada yang berprofesi sebagai dosen, DPRD, pengusaha dan pegawai, ini potensi besar,” ujarnya.

Taslim berharap, dengan terbentuknya kerukunan ini bisa menjadi wadah untuk saling berkoordinasi sesuai dengan profesi masing-masing.

“Semoga warga Menui yang ada di Sultra terus menumbuhkan semangat kekeluargaan dan gotong royong agar bisa membangun dan sudah pasti akan menjadi kebanggaan Menui,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum KKMK Sultra, Prof. Dr. H. Abd. Azis Muthalib, mengungkapkan bahwa pengukuhan tersebut seyogyanya dilakukan sejak tahun 2021 lalu, namun karena kondisi Covid -19 sehingga pengukuhan baru bisa dilaksanakan tahun ini.

Baca:   Dirjen Infrastruktur Keagrariaan Membuka Raker Kanwil BPN Sultra

KKMK Sultra dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, ekonomi dan budaya serta mengembangkan sumber daya manusia masyarakat Menui Kepulauan.

“Jadi kita akan menyusun berbagai kebijakan yang menyentuh langsung kesejahteraan masyarakat dan juga anggota. Salah satunya mendukung Pemerintah Kota Kendari untuk mewujudkan Kota Kendari yang layak huni, berbasis ekologi, teknologi informasi dan komunikasi,” ungkapnya.

Setelah pengukuhan tersebut pengurus KKMK Sultra akan melakukan rapat kerja untuk menyusun program-program yang akan dilaksanakan. Baik program yang bersifat jangka pendek maupun jangkauan panjang, khususnya dibidang sosial.

Dikatakannya, bahwa sebaran masyarakat Menui Kepulauan di Sultra tersebar dibeberapa daerah, terutama di Kota Kendari, Konawe Kepulauan, Konawe Utara dan Konawe Selatan.

“Jumlah anggota KKMK Sultra sebanyak 26.024 kepala keluarga, dengan rincian Kota Kendari sebanyak 8 ribu kepala keluarga dan lainnya tersebar di beberapa daerah seperti Konut, Konkep, Konsel dan Konawe,” pungkasnya. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan