Kery Berharap DD Bisa Dimaksimalkan untuk Program Pengembangan Ekonomi Desa

  • Bagikan
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Tahun 2017 menjadi tahun ketiga digelontorkannya program penyaluran Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat. Sejauh ini program tersebut dinilai lebih banyak diarahkan untuk mendanai infrastruktur pedesaan.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa ternyata punya pandangan lain tentang pengelolaan DD tersebut. Menurutnya, memasuki tahun ketiga ini, pemerintah desa sudah harus merampungkan pembenahan infrastruktur di desanya masing-masing. Sehingga kata dia, memasuki tahun keempat program DD bisa lebih fokus untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

“Saya sudah beri tahu para kepala desa, agar program tahun keempat itu lebih ke pembedrayaan ekonomi,” ujar Kery, Rabu (19/7/2017).

Menurut Kery, pemberdayaan ekonomi yang dimaksud itu banyak macamnya. Salah satunya, pengembangan program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Kalau infrastrukturnya sudah beres, selanjutnya adalah membangun perekonomian. Nah, yang perlu dibedayakan di sini adalah BUMDes. Jadi, pada dasarnya nanti,” jelas Kery.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Projo Konawe, Irvan Umar. Saat dikonfirmasi di tempat terpisah, Irvan mengatakan, program DD sebenarnya sudah mengharuskan pemerintah desa untuk menyiapkan beberapa persen untuk BUMDes. Namun kata dia, pengelolaan BUMDes yang ada di Konawe belum begitu maksimal.

“Pengelolaan BUMDes belum begitu maksimal di beberapa desa yang kami pantau. Nah, inilah yang akan menjadi perhatian pemerintah kedepannya. Sehingga, anggaran dari APBN ini bisa dimaksumalkan untuk membangun ekonomi kerakyatan,” tandas Irvan.

Baca:   Diduga Ilegal, BWS Sultra Diminta Hentikan Penambangan Pasir di Bondoala

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan