Kery: Bodoh Kadesnya Kalau tidak Pakai Tenaga Pendampingnya

  • Bagikan
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bersama para pendamping desa. (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Untuk pertama kalinya Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bertemu dengan para pendamping tenaga desa dalam rapat koordinasi yang digelar Senin, 3 Juli 2017.

Pertemuan tersebut dihadiri pendamping desa dari Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa (PD) dan Tenaga Ahli (TA). 

Salah seorang pendamping, mengeluarkan pernyataan kepada bupati tentang kendala yang kerap ditemukan di lapangan. Misalnya, tidak adanya koordinasi yang baik antara pendamping dan kepala desanya (Kades). Hal itu menyebabkan, tugas-tugas pendampingan tidak berjalan dengan baik. Padahal tenaga mendamping sangat diperlukan pihak desa, terlebih ketika ada urusan administrasi yang sulit diselesaikan.

Mengetahui hal tersebut, Kery mengatakan bahwa antara pendamping dan kades mesti melakukan koordinasi dengan baik. Pendamping mesti sering-sering juga turun lapangan untuk melihat desa binaannya. Sehingga jika ada permasalahan kata Kery, pendampinglah yang mestinya membantu menyelesaikannya.

“Bodoh itu kadesnya kalau tidak mau pakai tenaganya kalian (pendamping). Karena tugas kalian itu memang harus mendampingi mereka (Kades). Dan itu telah dianggarkan oleh negara,” jelasnya.

Untuk memaksimalkan koordinasi antara pendamping dan kades, Kery akan memerintahkan camat mengagendakan pertemuan dua kali sebulan guna terjalinnya komunikasi yang baik antara ketiga pihak tersebut.

“Kalau komunikasinya baik, perencanaan dan pembangunan desanya juga akan baik,” tandasnya.

Baca:   Bupati Konawe : Saya Sudah Prediksi Ruksamin Jadi Bupati Konut

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan