Kesal Upah Belum Dibayar, Buruh Proyek Segel Puskesmas di Kendari

  • Bagikan
Sejumlah tukang menyegel Puskesmas Jati Raya, Selasa (2/4/2019). (Foto: Wayan Sukanta/SULTRAKINI.COM)
Sejumlah tukang menyegel Puskesmas Jati Raya, Selasa (2/4/2019). (Foto: Wayan Sukanta/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Puskesmas Jati Raya, Kelurahan Wowawanggu, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) disegel tukang, Selasa (2/4/2019). Aksi penyegelan ini terpaksa dilakukan lantaran kesal gaji pengerjaan mereka untuk proyek pembangunan puskesmas tidak kunjung dibayar.

“Pengerjaan proyek ini sudah lama selesai kita kerjakan, namun gaji kami yakni tukang sudah berbulan-bulan tidak dibayarkan. Tidak tahu alasannya apa, kami juga tidak pernah diberitahu apa kendalanya. Padahal kami para tukang ini sangat membutuhkan gaji untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” jelas salah seorang tukang, Suyanto kepada Sultrakini.com ditemui di Puskesmas Jati Raya.

Menurut Suyanto, pihaknya beberapa kali mempertanyakan persoalan ini. Namun belum mendapatkan kejelasan terkait pembayaran tersebut.

“Tiga bulan lalu saya berkomunikasi dengan pihak kontraktor, katanya masih menunggu anggaran dicairkan dari dinas terkait. Kami akan terus tuntut persoalan ini, sampai gaji para tukang dibayarkan,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum, mengatakan pihaknya tidak tahu terkait keterlambatan pembayaran gaji para tukang.

“Saya tidak punya wewenang untuk persoalan ini, namun informasi yang saya dapat anggaran itu ada, cuman waktunya saja belum ditahu,” tegasnya.

Pantauan Sultrakini.com, Puskesmas Jati Raya telah tuntas pengerjaanya dan pelayanannya telah beroperasi.

Baca:   Demokrat Minta Wamendes Budi Arie Fokus Urus Pandemi, Jangan Sibuk Memfitnah

Meski telah disegel oleh sejumlah tukang, proses pelayanan di Puskesmas Jati Raya tetap berjalan.

Laporan: Wayan Sukanta
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan