Keseringan Tidur di Pagi Hari? Ini 7 Bahaya yang Mengintai

  • Bagikan
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Tidur menjadi salah satu kebutuhan setiap manusia. Setidaknya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur. Sebab hal ini sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Waktu tidur yang baik juga memiliki peranan penting bagi keseimbangan metabolisme tubuh seseorang.

Namun beberapa orang memiliki kebiasaan sering tidur di pagi hari dengan berbagai alasan, misalnya terlalu lama kerja atau begadang. Padahal, kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut bahaya tidur pagi yang dapat mengancam kesehatan Anda.

  1. Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang bisa menyerang kesehatan jika memiliki kebiasaan tidur di waktu pagi.

Dari sejumlah penelitian mengatakan, kebiasaan tidur pagi hari atau terlalu sering tidur dapat meningkatkan risiko diabetes. Hal tersebut terjadi karena memiliki gangguan tidur dapat meningkatkan terjadinya risiko resistensi insulin yang menyebabkan kadar gula darah akan cenderung meningkat.

  1. Obesitas

Ternyata kurang tidur dan keseringan tidur dapat meningkatkan risiko obesitas atau berat badan naik. Hal ini juga membuat nafsu makan meningkat dan cenderung makan lebih banyak dari biasanya.

  1. Penyakit Jantung

Kebiasaan tidur di pagi hari dapat meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung. Hal ini terjadi karena tekanan darah meningkat serta membuat peradangan di dalam tubuh.

Baca:   Hati-Hati, Kebiasaan Wanita Ini Bikin Pria 'Ilfeel'
  1. Mudah lupa dan sulit berkonsentrasi

Saat tidur tubuh akan beristirahat dan memperbaiki jaringan di dalamnya termasuk sel-sel otak. Namun, ketika seseorang kurang tidur akan menjadi mudah lupa dan sulit berkonsentrasi. Hal tersebut terjadi karena jaringan otak akan kekurangan oksigen serta energi.

  1. Suasana hati tidak menentu

Perubahan mood secara tiba-tiba juga disebabkan bila seseorang memiliki kebiasaan tidur tidak teratur. Bahkan, bahaya tidur pagi dapat membuat emosi seseorang kurang stabil akibat kelelahan.

  1. Risiko kanker

Kebiasaan tidur di pagi hari berpotensi lebih tinggi terkena kanker dibandingkan tidur teratur. Hal tersebut didukung dengan sebuah penelitian yang menyatakan, sebagian besar pasien kanker memiliki kebiasaan begadang atau tidur kurang dari 7 jam.

  1. Menurunkan tingkat kesuburan

Bahaya berikutnya jika memiliki kebiasaan tidur di pagi hari adalah tingkat kesuburan menurun. Sebuah penelitian mengungkapkan kurang tidur dapat mengurangi produksi hormon reproduksi pada pria dan wanita. (C)

Laporan: Feni Sul Fianah
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan