Ketua DPRD Sultra Kunjungi Kantor Imigrasi Kendari

  • Bagikan
Ketua DPRD Sultra, Abdul Rahman Saleh saat berkunjung di kantor Imigrasi Kendari. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM).
Ketua DPRD Sultra, Abdul Rahman Saleh saat berkunjung di kantor Imigrasi Kendari. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Abdurrahman Saleh, melakukan kunjungan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari pada Rabu (27/3/2019). Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kelancaran proses pelayanan pengurusan paspor.

Didampingi Kepala Kanwil Kemenkumham Wilayah Sultra, Sofyan, kedatangannya disambut oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari, Barron Ichsan beserta seluruh staf dan jajarannya.

Abdurrahman Saleh mengatakan, kunjungan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari untuk melihat persiapan fakta integritas, terkait persoalan-persoalan yang ada, termasuk peningkatan kualitas pelayanan.

“Fakta integritas tidak hanya menandatangani saja tetapi kita lihat seberapa besar persoalan-persaolan atau peningkatan kualitas pelayanan. Integritas itukan pelayanan, dipermudah dan mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Cepat, tepat dan terukur,” ujar Politisi PAN itu kepada awak media,.

Sebagai Ketua DPRD Sultra, dirinya menaruh harapan besar kepada masyarakat agar mengetahui tugas dan fungsi imigrasi. Salah satunya, kata dia, yakni terkait penerbitan paspor untuk warga negara asing (WNA) dan lokal (WNI).

Untuk itu, sambungnya, pihak imigrasi harus bisa lebih proaktif, jadi masyarakat tidak perlu lagi ke imigrasi, namun syarat-syarat yang diminta bisa dipenuhi.

“Ini kunjungan mendadak, tanpa diketahui yang lain untuk melihat seberapa besar integritas, kerja maksimal dan profesional dari imigrasi. Dari kunjungan ini saya melihat imigrasi sudah memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Kanwil Kemenkumham Sultra, Sofyan mengaku senang atas kunjungan mendadak Ketua DPRD Sultra yang memiliki kewenangan untuk hal ini.

Baca:   Bupati Buton Terima Penghargaan The Best Innovation Government 2020

“Kinerja terkait pelayanan akan terus kita perbaiki dalam rangka menuju kearah birokrasi yang bersih dari korupsi. Ketua DPRD juga sudah memberikan masukan-masukan untuk mencapai itu semua,” ungkapnya.

Kepala Imigrasi Kendari, Sofyan, mengaku untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat terkait pembuatan paspor haji dan umrah. Pihaknya sedang melakukan pelayanan jemput bola di enam kabupaten/kota.

“Inilah upaya yang kita lakukan untuk memberikan kecepatan pelayanan kepada masyarakat. Artinya, lansia-lansia yang ada di Kolaka Utara misalnya, tidak usah lagi ke sini untuk mengurus paspor, tetapi kita yang ke sana. Ini inisiatif kita sendiri dan sudah medapatkan izin dari Kemenkumham,” tutur Sofyan.

Kedepanya, katanya, untuk lebih meningkatkan pelayanan, utamanya dalam program “jemput bola” untuk jarak yang lebih jauh, imigrasi butuh tambahan kendaraan operasional karena yang ada saat ini masih terbatas dan tidak memadai. Sehingga dukungan dan support dari DPRD.

“Kalau seandainya pihak DPRD bisa mensupport kami untuk menjadi pilot projects, ini sebuah kesukuran buat kami, karena selama ini kita hanya berdiri satu kaki,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh, Pembua

  • Bagikan