Ketua KPU Baubau Imbau Warga untuk Mencoblos

  • Bagikan
Ketua KPU Baubau, Edi Sabara menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2018.

SULTRAKINI.COM: Ketua KPU Kota Baubau Edi Sabara minta warga Kota Baubau untuk menggunakan hak pilihnya di TPS untuk mencoblos pada pemilihan Walikota Baubau dan Gubernur Sultra periode 2018-2023. Hal itu diungkapkan Edi usai melakukan pencoblosan di TPS 4 Kelurahan Lowulowu, Kecamatan Lealea, Baubau, Rabu (27 Juni 2018).

Di Lowulowu sendiri mempunyai wajib pilih sebanyak 1.604 wajib pilih yang tersebar di empat TPS. “Jumlah wajib pilih di Kelurahan Lowulowu sebanyak 1.604 dengan jumlah TPS 4,” jelas Ketua PPS Lowulowu, Zarit.

Sedangkan di Kecamatan Lealea jumlah wajib pilih tercatat 5.315 yang tersebar di 14 TPS. “Kecamatan Lealea terdapat 14 TPS dengan jumlah wajib pilih 5315,” kata Ketua PPK Lealea, Ismal.

Pelaksanaan pemungutan suara di Kota Baubau secara umum berjalan lancar. Cuaca yang mendung memungkinkan untuk setiap wajib pilih mendatangi TPS di dekat kediaman mereka.

Pilkada Kota Baubau diikuti lima pasang calo kepala daerah, yakni paslon Roslina Rahim-La Ode Yasin nomor urut 1, AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse nomor urut 2, Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail nomor urut 3, Yusran Fahim-Ahmad nomor urut 4, dan paslon Ibrahim Marsela-Ilyas nomor urut 5.

Empat paslon diusung partai politik yakni Yusran Fahim-Ahmad (Demokrat,PPP dan PKS), Roslina Rahim-La Ode Yasin (PKB dan Hanura), Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail (PBB dan Gerindra), dan AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse, (PAN, PDIP, Golkar,dan Nasdem). Sedangkan paslon Ibrahim Marsela-Ilyas melalui jalur perseorangan.

Baca:   Tim Advokasi SMS Berjaya Lapor Akun FB Diduga Provokatif

Bersamaan pemilihan walikota, warga Baubau juga ikut memilih pasangan calon gubernur Sulawesi Tenggara yang diikuti tiga paralon yakni paslon gubrnur dan wakil gubernur Ali Mazi-Lukman Abunawas diusung partai Golkar dan Nasdem adalah nomor urut “1”, pasangan Asrun-Hugua yang diusung PAN, PDIP, PKS, Hanura, Gerindra dan PBB memperoleh nomor urut “2” dan pasangan Rusda Mahmud-LM Safei Kahar yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan Perindo memperoleh nomor urut “3”.

Ketua KPU Baubau, Edi Sabara, usai menggunakan hak suaranya di TPS di lingkungannya kemudian melakukan monitoring untuk memastikan kecukupan logistik pilkada di wilayah Kota Baubau.

Laporan: shen

  • Bagikan