Ketua Tim Anggaran Pemda Mubar Diminta untuk Diganti

  • Bagikan
Demo mendesak Ketua Tim Anggaran Pemda diminta, LM. Husen Tali diganti. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Persoalan kesalahan perhitungan dan pemberian gaji anggota DPRD Muna Barat telah tuntas. Namun Ketua Tim Anggaran Pemda diminta, LM. Husen Tali diganti akibat kelalaiannya itu.

Desakan LM. Husen Tali yang juga Sekda Mubar untuk diganti datang dari demonstran yang mengatasnamakan diri Pusat Kajian Keadilan Hati Nurani Rakyat. Mereka menilai kelalaian Husen Tali mengakibatkan adanya kelebihan tunjangan pada anggota desan hingga Rp 1.161.720.000.

Masalah kelebihan anggaran itu dinilai Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Mubar, Ali Abdin sudah tuntas. Anggota dewan bersepakat mengembalikan kelebihan anggaran itu. Tapi menyangkut desakan pergantian Husen Tali, menurut dia, tetap mengacu pada mekanisme dan perundang-undangan, sehingga pergantian dan pengangkatan sekda bukan atas dasar desakan dan permintaan kelompok namun ada aturan dan mekanismenya.

“Semua anggota DPRD sudah mengembalikan, itu bentuk kepatuhan mereka dalam menjalankan rekomendasi BPK, semua sudah selesai,” ucapnya, Kamis (19/8/2021).

Ia menyebut, Bupati Mubar Achmad Lamani juga memonitoring dan mengevaluasi kinerja bawahannya guna memajukan pembangunan daerah.

Ali Abdin juga membantah tudukan terjadinya persekongkolan menyangkut hal itu. Kata dia, Pemda dan DPRD justru berkolaborasi mewujudkan keinginan dan harapan masyarakat.

Ia berharap masyarakat bisa memberikan kepercayaan pada pemda untuk menjalankan roda pemerintahan. Di satu sisi, masyarakat juga bisa mengkritik kinerja pemerintah ke depannya.

Baca:   Empat OPD Baru di Mubar Menunggu Ketuk Palu DPRD

“Itu tuduhan sesat dan tidak berdasar, yang benar itu Pemerintah Daerah dan DPRD bersekongkol mewujudkan harapan dan keinginan masyarakat Muna Barat. Muna barat ini dibangun bukan atas dasar demonstrasi dan kemauan kelompok, melainkan atas dasar kebersamaan dan gotong royong,” tambahnya. (C)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan