Ketum DPP Pemuda Tani Dorong Pemuda Tani HKTI Sultra Regenerasi Petani Muda

  • Bagikan
Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI, Rina Sa’adah, Lc., M.Si mengukuhkan Pengurus DPD Pemuda Tani HKTI Provinsi Sulawesi Tenggara masa bakti 2022-2027 di Ballroom Hotel Claro Kendari, Sabtu (23/7/2022) (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI, Rina Sa’adah, Lc., M.Si mengukuhkan Pengurus DPD Pemuda Tani HKTI Provinsi Sulawesi Tenggara masa bakti 2022-2027 di Ballroom Hotel Claro Kendari, Sabtu (23/7/2022) (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Rina Sa’adah, Lc., M.Si resmi mengukuhkan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Tani HKTI Provinsi Sulawesi Tenggara masa bakti 2022-2027 di Ballroom Hotel Claro Kendari, Sabtu (23 Juli 2022) malam.

Rina Sa’adah berharap kepada seluruh pengurus HKTI Sultra yang dilantik agar bersungguh-sungguh dalam menjalankan amanah yang telah diemban dengan sepenuh hati dan dedikasi. Dan terpenting mampu meregenerasi petani muda saat ini di Sultra.

Pasalnya kata dia, secara umum, jika melihat angka atau jumlah petani saat ini semakin hari semakin menurun. Bahkan, rata-rata lulusan sarjana pertanian sekalipun jarang untuk menjadi petani, lebih memilih untuk menjadi pekerja kantoran.

“Pemuda Tani HKTI Sultra diharapkan mampu meregenerasi petani di Sultra. Pasalnya, kalau melihat usia petani kita saat ini sekitar 60 berada pada usia 40 tahun keatas,” katanya, usai mengukuhkan Pemuda HKTI Sultra.

Rina juga mengajak Pemuda Tani HKTI Sultra untuk bersama-sama membesarkan organisasi ini dengan semangat untuk regenerasi petani masa kini, demi mewujudkan swasembada pangan melalui inovasi dan teknologi yang bertumpu pada kearifan lokal, sektor pertanian, dan membuka paradigma baru mengenai dunia tani yang menarik, menghasilkan, mensejahterakan, dan menjadi gaya hidup yang keren.

Baca:   Aset Perbankan di Sultra Tumbuh 11,41 Persen

Lebih lanjut, Rina Sa’adah mengatakan, Indonesia adalah negara agraris, sudah seharusnya menjadi negara yang menguasai produksi serta distribusi pangan secara global.

“Saat ini kita diperhadapkan ancaman krisis pangan secara global yang dipicu oleh dua hal, perang antara Rusia dan Ukraina dan Pandemi Covid-19. Ini menjadi peluang besar kita untuk mengambil peran penting menjadi pemasok pangan di seluruh dunia,”  jelasnya.

Kendati demikian, Rina Sa’adah optimis hadirnya kepengurusan DPD Pemuda Tani HKTI di Provinsi Sulawesi Tenggara bisa menjadi momentum bagi seluruh petani di Bumi Anoa untuk bergerak bersama-sama memajukan potensi pertanian di Sultra.

“Saya sangat optimis kepengurusan DPD Pemuda Tani HKTI Sulawesi Tenggara dibawah kepemimpinan M. Ridwan Zainal, S.H beserta seluruh pengurus akan mampu menggerakkan seluruh potensi pertanian yang ada di Sultra ini,” ucapnya.

Ketua DPD Pemuda Tani HKTI Sulawesi Tenggara, M. Ridwan Zainal, S.H menghaturkan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus, panitia dan pihak-pihak yang telah membantu sehingga acara pengukuhan kepengurusan Pemuda Tani HKTI Sultra periode 2022-2027 sukses.

“Ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendedikasikan diri baik tenaga, pikiran dan materi sehingga kegiatan pengukuhan sukses digelar. Wabil khusus kepada Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI, Rina Sa’adah, Lc., M.Si,” kata Ridwan Zainal dalam sambutannya.

Baca:   Perintah Ketua Dewan Kehormatan, Umar Samiun Dukung Mulfachri Harahap

Tak lupa Ridwan Zainal mengajak seluruh pengurus Pemuda Tani HKTI Sultra untuk bersinergi membesarkan organisasi.

“Mari kita mengabdikan diri untuk kemajuan seluruh petani di daerah kita melalui wadah organisasi ini, kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi,” tuturnya.

Pasca pelantikan ini, ia bersama pengurus akan melakukan beberapa hal, diantaranya menyusun program kerja, sinergis program HKTI, membangun jaringan bisnis, pemberdayaan dan advokasi petani, serta membantu jaringan permodalan bagi petani.

“Jadi itu intinya, beberapa hal yang akan kita lakukan kedepannya, Mudah-mudahan semua bisa tercapai sesuai target seluruh pengurus,” tutupnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan