Khawatir Penyebaran PCC, Pemda Konsel Sidak Sekolah

  • Bagikan
Wakil Bupati Konawe Selatan, Arsalim Arifin dikegiatan sosialisasi kepada siswa tentang bahaya obat-obatan terlarang. (Foto: Adryan Lusa/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Kekhawatiran meluaskan penyalahgunaan PCC di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara, Pemerintah Daerah mengambil langkah pencegahan melalui inspeksi dadakan dan sosialisasi ke sejumlah sekolah.

Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin bersama tim sidak di SMPN 12 Konsel, Kecamatan Konda dan SMPN 2 Konsel, Kecamatan Laeya Senin, 18 September 2017. Di lokasi ini, pengetahuan obat-obatan terlarang disosialisasikan kepada para siswa, salah satunya PCC. Selain aktivitas itu, guru dan orang tua dihimbau terus melakukan kontrol pengawasan selama di lingkungan sekolah dan pergaulan anak sehari-hari.

“Karena saya melihat ini ada oknum yang sengaja mengedar secara gratis dan targetnya adalah anak-anak sekolah. Kalau perlu pelakunya ditangkap dan ditembak mati saja. Dari pada merusak mental anak-anak kita,” kata Arsalim di sela-sela sidaknya.

Sidak dan sosialisasi akan dilanjutkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konsel. Begitu juga membuat surat edaran, terkait antisipasi peredaran obat-obatan terlarang di wilayah tersebut.

Kasus PCC sempat mmenggemparkan Provinsi Sultra beberapa waktu. Kota Kendari sebagai ibu kotanya menjadi lokasi banyaknya korban PCC. Sebanyak 72 korban didominasi oleh anak-anak dan mahasiswa. Bahkan dua diantaranya meninggal akibat menyalahgunakan produk ilegal ini.

Untuk itu, sejumlah kabupaten di Sultra juga bertindak sama. Sosialisasi sampai operasi peredaran obat-obatan terlarang dilakukan pemerintah setempat. Misalnya, Kabupaten Buton, Muna Barat, dan Kabupaten Konawe. Untuk Konawe telah ada korban dan tersangka atas kasus PCC.

(Baca: Buton Waspada PCC)

Baca:   Tak Tahan Tekanan Istri, Pria Wolasi Gantung Diri di Pohon Jambu

(Baca: Pemda Mubar Tambah Level Waspadai PCC Sasar Pelajar)

(Baca: Marak Penyalahgunaan PCC di Konawe, Bupati Perintahkan Razia)

(Baca juga: Terkait Penyalahgunaan PCC, SMKN 4 Kendari Sweeping Siswa Tiap Pekan)

Laporan: Adryan Lusa

  • Bagikan