Kodim 1413 Buton Buka Perekrutan Komponen Cadangan, Cek Syaratnya di Sini

  • Bagikan
Sosialisasi giat pembentukan komponen cadangan di wilayah Kodim 1413/Buton. (Foto: Dok. Kodim 1413/Buton)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Komando Distrik Militer (Kodim) 1413/Buton membuka perekrutan komponen cadangan untuk semua wilayah hukum dengan target 100 orang.

Dandim 1413/Buton, Letkol Arm Muhamad Faozan, mengatakan perekrutan komcad dilakukan sesuai PP Nomor 3 Tahun 2021, Peraturan Pelaksana Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, kemudian Perintah Lisan Pangdam XIV/Hasanuddin tanggal 17 Maret 2022 tentang perintah melaksanakan pembentukan komponen cadangan di wilayah satuan kodim jajaran kodam XIV/Hasanuddin.

“Serta perintah lisan Danrem 143/HO tertanggal 18 Maret 2022 tentang perintah melaksanakan pembentukan komponen cadangan di wilayah satuan kodim jajaran Kodam XIV/Hasanuddin,” jelasnya ketika menghadiri sosialisasi giat pembentukan komponen cadangan di wilayah Kodim 1413/Buton, Selasa (22 Maret 2022).

Adapun syarat pendaftarannya, di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, tidak memiliki catatan kriminalitas, sehat jasmani dan rohani, laki-laki atau perempuan, bukan anggota TNI/Polri, bersedia dimobilisasi di wilayah NKRI, serta bersedia mengikuti seleksi diselenggarakan oleh panitia.

“Pendaftaran pelatihan komcad bagi masyarakat dengan proses rekrutmen dibuka secara sukarela dan memiliki syarat tertentu harus dipenuhi pendaftar, untuk pendaftaran secara online melalui website komcad.kemhan.go.id,” terangnya.

“Kita usahakan perekrutan calon Komcad bisa yang sudah bekerja sebagai PNS, pegawai swasta, maupun mahasiswa. Sebagai langkah awal, proses sosialisasi secara masif kita lakukan di masing-masing wilayah, khususnya di wilayah hukum Kodim 1413 Buton,” tambah Faozan.

Baca:   Dua Nelayan Selamat, Sempat Terombang Ambing Usai Perahunya Dihantam Ombak di Buteng

Perekrutan komcad dimulai 1 Maret hingga 8 Mei 2022, selanjutnya seleksi administrasi dan tahapan pembentukan komcad 2022 mulai 9 hingga 11 Mei 2022, seleksi kompetensi pada 12 hingga 27 Mei 2022. Sampai kemudian calon yang dinyatakan lulus tes melaksanakan Latsarmil selama tiga bulan mulai 30 Mei 2022 hingga 27 Agustus 2022 dan pelantikan di Rindam XIV/Hsn.

Komcad ini merupakan sumber daya nasional yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan, serta kemampuan komponen utama dalam hal ini TNI, baik dari angkatan darat, laut maupun udara.

Komando ini juga hanya boleh digunakan untuk kepentingan pertahanan. Sementara masa aktifnya tidak setiap hari. Setelah ditetapkan, anggota komponen cadangan kembali ke profesi masing-masing dan beraktivitas seperti biasa.

Masa aktif komponen cadangan hanya pada saat mengikuti pelatihan dan mobilisasi. Namun anggota komponen cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara. Komponen cadangan dikerahkan apabila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang. Kemudian dimobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR yang komando dan kendalinya berada di Panglima TNI. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan